PENGARUH APLIKASI STRATEGI MANAJEMEN OPERASI DAN PEMASARAN PRODUK BANQUET TERHADAP PENINGKATAN KEUNGGULAN DAYA SAING HOTEL PANGHEGAR BANDUNG

Endang Darwin Durachim

Sari


Abstract - Panghegar Hotel Bandung,is the one of Hospitality Industry was succed in the business operation , in periodical of year 1983 until 1986 was making progress of the business very well and booming, the reason is at that time the competition of Banquet business not so tight yet, and then Strategi Management Operation and Banquet Product Marketing at that time was carry out by excellence presentation and was supported  by a professional / qualified staff. Another reason is at that time, the business banquet product competition  in general are not making the  chalange of the heavier one. Even the Panghegar Hotel Bandung was called “ The Best Hotel in Bandung” or “The Best Hotel Occupancy”for the whole of hotel in Indonesian Country. But an after year 1989 until 1999 until right now was making the chalange of the heavier one , because so many hotel of IV / V star as same level with the Panghegar Hotel. Causing of those case was making  side affect  of unfair competition in between one hotel with another hotel , it’s included the competition of Banquet Business. That’s why Panghegar Hotel at that time was stand opposite of big problems on the Banquet Business such as: (1).The Professionall Hotel / Banquet Staff was reducing, (2). Mayorities of the staff who taking care of service and staff managers are not competence according to the necesary in the hotel operation, those case is causing of recruitment are not selective or is hard to find the professional staff according to the necessary Competency Standard. As indicated of those case , the basic purpose of the examination is want to know what’s the  Management Operation Strategy and Banquet Product Marketing can be in obtained of excellence power of competition in order it’s will be a good handling as well. The methodologi of examination  will presented by quantity system in according to the definitely condition,to give the real figure, and  making the analysis to looking for the several biggest of influence in between one variabel with another. Base on hipotesis examination T Hit. As: If the Management Operation Strategy and Banquet  Product Marketing is definitely executed , it’ll upgrade the exellence of competition power of Panghegar Hotel will be received. And then if always being carry out continuity  the Application of Management Operation Strategy and Banquet Product Marketing ,  its will be influence to stand opposite of the exellence promoted of competition power to the Panghegar Hotel Bandung. ” One of the key factor in obtaining an optimal successfull result  in the Banquet Operation is excellence  process of the job execution  of the Application  Strategy Management Operation and Banquet Marketing  perform by managers  Panghegar Hotel Bandung.So the Banquet Business Competition Problems will be reducing automatically

 

Keyword : strategi management operation and banquet product marketin

 

Abstrak - Hotel Panghegar  Bandung , merupakan salah satu industri perhotelan telah sukses dalam operasi bisnis, secara periodik tahun 1983 sampai tahun 1986 mengalami kemajuan bisnis yang sangat baik dan booming , alasannya adalah  pada waktu itu persaingan bisnis banquet tidak begitu ketat belum, dan kemudian Manajemen Operasi Strategi dan Perjamuan Pemasaran Produk pada waktu itu adalah melaksanakan dengan presentasi keunggulan dan didukung oleh staf profesional / berkualitas. Alasan lain adalah pada saat itu, persaingan produk perjamuan bisnis pada umumnya tidak membuat chalange dari satu berat. Bahkan  Hotel Panghegar  Bandung disebut " The Best Hotel in Bandung " atau " The Best Hotel Hunian " untuk seluruh hotel di Negara Indonesia . Tapi setelah tahun 1989 sampai dengan tahun 1999 sampai sekarang sedang membuat chalange dari satu lebih berat, karena begitu banyak Hotel bintang IV / V sebagai tingkat yang sama dengan Hotel Panghegar  . Menyebabkan kasus mereka sedang membuat sisi mempengaruhi persaingan tidak sehat di antara satu hotel dengan hotel lain,  itu termasuk persaingan banquet. Itu sebabnya Hotel Panghegar pada waktu itu berdiri kebalikan dari masalah besar pada banquet seperti : . ( 1 ) The professionall Hotel / Perjamuan Staf adalah mengurang, ( 2 ). Mayorities staf yang mengurus layanan dan staf manajer tidak sesuai dengan kompetensi maka perlu di operasi hotel , kasus yang menyebabkan perekrutan tidak selektif atau sulit untuk menemukan staf profesional sesuai dengan yang diperlukan Standar Kompetensi . Sebagaimana ditunjukkan kasus tersebut , tujuan dasar dari pemeriksaan ini ingin tahu apa Operasi Manajemen Strategi dan Pemasaran Produk Perjamuan dapat diperoleh di kekuasaan keunggulan kompetisi dalam rangka itu akan menjadi penanganan yang baik juga. The methodologi pemeriksaan akan disajikan oleh sistem kuantitas sesuai dengan pasti kondisi , untuk memberikan angka yang sebenarnya , dan membuat analisis untuk mencari beberapa terbesar pengaruh di antara satu variabel dengan yang lain . Berdasarkan hipotesis pemeriksaan T Hit . Seperti : Jika Operasi Manajemen Strategi dan Pemasaran Produk Perjamuan pasti dieksekusi , itu akan meng-upgrade exellence kekuasaan kompetisi Hotel Panghegar akan diterima . Dan kemudian jika selalu melakukan kontinuitas Penerapan Strategi Operasi Manajemen dan Perjamuan Pemasaran Produk , yang akan berpengaruh untuk berdiri kebalikan dari exellence dipromosikan kekuasaan kompetisi ke Hotel Panghegar Bandung. "Salah satu faktor kunci dalam memperoleh hasil yang optimal sukses dalam operasi perjamuan adalah keunggulan proses dari pelaksanaan pekerjaan Penerapan Strategi Manajemen Operasi dan Pemasaran Perjamuan melakukan dengan manajer Hotel Panghegar Bandung. Perjamuan Bisnis Masalah Persaingan akan mengurangi secara otomatis

Kata kunci : strategi manajemen operasi dan pemasaran bisnis produk banquet


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim , Pembangunan Kepariwisataan Menuju Visi Pariwisata Indonesia

Kanwil Deparpostel Prop. Jawa Barat ( Th. 2005)

Anoraga Pandji, “ Pengantar Bisnis Modern “ Pustaka Jaya , Jakarta 2006

Crap. Lili, “ How to Manage Restaurant / F&B Service Eating College” , Stoke JW Company, New York , 2005

Dess. Gregory G. And Miller Alex ,” Strategic Management” Internasional Edition New York, 2003

Djaslim Saladin, Djaslim H. , “ Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan” Penerbit Linda Karya Bandung, Th 2007¬

Glueck, William F. And Jauch Laurence R. “ Business Policy and Strategic Management and Integrated Approach”, By Houghton Miflin Company USA 2004

H. Eugene R. Beem & H. Jay Shaffer, Triggers to Cutomer Action – Some Elements in theory of Promotional inducement ( Cambridge, MA: Marketing Science Institute, December, 2011)

H. Sutrisno ST.MM, Seminar Analisis Strategi Pemasaran dan Marketing Strategic Evaluation & Control Process, Penyelenggara Universitas BSI ( 17 April 2011)

Kotler Philip,” Manajemen Pemasaran” Terjemahan Edisi ke 11 Prentice Hall Inc. USA, 2009

Riana Herry Dr. Mpd., Pengetahuan Banqueting , dan Standar Pengetahuan F. B. Service (NHI / BPLP Setiabudhi, Bandung , Th. 2008)

Soedarso Sri Widodo DR.DBA, dosen Materi Perkuliahan “Manajemen Operasi dan Manajemen Pemasaran” (Program Study Pasca Sarjana S2 Bidang Magister Manajemen, Universitas BSI Bandung : 2011)

Sudjana dan Arifin Yusuf DR. M.M “ Statitika Untuk Ekonomi dan Niaga” , Penerbit C V Alpabeta , Bandung : 2011

Sulastiyono Agus Dr. Msi, (Manajemen Penyelenggaraan Hotel / Proses Manajemen Promosi, Penerbit Andi Yogyakarta, Th. 2006 : 278




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v1i1.189

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License