Pengaruh Keputusan Berkunjung Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Museum Geologi Bandung

Yuliana Pinaringsih Kristiutami

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh dari keputusan berkunjung terhadap kepuasan wisatawan di Museum Geologi Bandung. Analisis kuantitatif merupakan analisis yang menekankan pada analisis pada data numerical yang diolah dengan metode statistik. Hasil analisis data membuktikan bahwa keputusan berkunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Hipotesis menguji pengaruh keputusan berkunjung terhadap kepuasan didapat nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai sig. 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,05 > 0,000 sehingga jalur signifikan dan nilai koefisien beta sebesar 0,965. Dari hasil itu dapat diartikan pada dasarnya keputusan “pembelian”, adalah seseorang yang mengeluarkan uang untuk mendapatkan kepuasan. Kepuasan yang didapat oleh wisatawan secara langsung akan dipengaruhi oleh keputusan berkunjung. Hal ini menjadi sangat mendasar, karena tingkat kepuasan wisatawan sangat ditentukan dengan aspek pemenuh kebutuhan dan pemenuh keinginan dari wisatawan tersebut. Keputusan berkunjung didapat melalui proses pertimbangan berbagai aspek. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian, ada lima tahap yang dilalui konsumen dalam proses pembelian, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pembelian. Sehingga secara tidak langsung ketika keputusan untuk berkunjung telah dibuat oleh seorang wisatawan, keputusan tersebut merupakan keputusan matang dimana objek wisata yang dipilih merupakan objek wisata yang memang dirasa mampu untuk memberikan kepuasan terhadap kegiatan berwisata wisatawan

Kata kunci : Keputusan berkunjung, Kepuasan, Wisatawan Museum Geologi.

 

ABSTRACT

This research purpose is to know how the effect of the decision to visit to the tourist satisfaction at Museum Geologi Bandung. Quantitative analysis is the analysis type that focus on numerical data and process all the data with statistic method. The data analysis result come with the decision to visit has positive and significant effect to the tourist satisfaction. The hypothesis test of the effect of the decision to visit to the tourist satisfaction came with significance result  0,000. The sig. score 0,0000 smaller than the probability score 0,05 so the significance line and beta coefficients is 0,965. It means basically the decision to “buy” is someone have will to spent their money to get the satisfaction. The satisfaction tourist got directly affected by the decision to visit. This is became so basic, because the scale of the tourist satisfaction determined with the need fulfillment aspect and want fulfillment aspect of the tourist itself. Decision to visit obtained through consideration of various aspect. And then, before decide to buy, every consumer pass through five step, they are issue identification, searching of information, alternate evaluation, decision to buy and buying behavior.  So, when tourist make the decision to visit, the decision is final and the destination chosen is the destination that fulfill the need of tourist traveling satisfaction.

Keyword : Decision to visit, customer satisfaction, Tourist Museum Geology


 

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hill, Nigel et al. 2007. Customer Satisfaction, The Customer Experience Through Customer’s eye, London: Cogent Publishing.

Kotler, Philip. Et al. (2010). “Marketing for Hospitality And Tourism, Fifth Edition”, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Oliver, Richard L. (2015). Satisfaction, A Behavioral Perspective on The Consumer, New York: Routledge.

Pitana, I Gde dan Gayatri, Putu G. (2005). Sosiologi Pariwisata, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Simamora, Bilson. (2008). Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Solomon, Michael R. (2011). Consumer Behavior; Buying, Having, and Being. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Data Statistik Data Pengunjung Museum Kota Bandung. (2013). (Online) http://www.disparbud.jabarprov.go.id/applications/frontend/index.php?mod=statistik-wisatawan&catid=8. Diakses tanggal 25 April 2015: 14.00.

Hasan, Husaen. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Melakukan Kunjungan Wisata Di Kota Tidore Kepulauan”. (Online) http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/1d64662f5dc278778fa42c9e570effd6.pdf Diakses tanggal 29 April (2015): 16.53

Oktavianty, Dilla, Rani. 2014. Rani Dilla Oktavianty, 2014. “Pengaruh Kualitas Produk Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Di Kawasan Wisata Gunung Galunggung. Universitas Pendidikan Indonesia. (Online) http://repository.upi.edu/12337/3/S_MRL_1000424_Abstract.pdfDiakses tanggal 22 Mei 2015: 20.03.

Stevianus. 2014. “Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta”. Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 19 No.3, Desember 2014. (Online) ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1167/1030 Diakses tanggal 13 Juli 2015: 14.36.

Sejarah dan Struktur Organisasi Museum Geologi, (2015)




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v4i1.1761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License