MEASURING DESTINATION SERVICE QUALITY (STUDI TENTANG PELAKSANAAN KUALITAS PELAYANAN KEBUN BINATANG BANDUNG)

Didin Syarifuddin

Sari


Abstract - Destination service quality is the important aspect in the tourism world, because it caused to the visitor satisfaction and to the repeat visit to the destination. Zoo in Bandung is the destination that pays attention to service quality, in order to be able to increase the repeat visit of the tourists. Relating to this research that the research focused to explain destination service quality at Bandung Zoo. Research method used is descripttve quantitative method by using percentage analysis, range, and interval. The population is all visitors to Bandung Zoo for one periode, with the sample measure is 100 people. The result showed that destination service quality Bandung Zoo, reached with the total score 6.597 of the ideal score 7.000. Based on the result that destination service quality at Bandung Zoo is Good, referring to tangible, responsiveness, assurance, reliability and emphaty aspects.

 

Keywords : Service Quality, Tangible, Responsiveness, Assurance, Reliability, dan Emphaty

 

 

Abstrak - Kualitas pelayanan objek wisata merupakan aspek penting dalam dunia pariwisata, karena akan berdampak pada kepuasan pengunjung, dan ujungnya berdampak pula pada kunjungan ulang ke destinasi. Kebun binatang Bandung merupakan destinasi pariwisata yang sangat memperhatikan kualitas pelayanan, dengan harapan meningkatkanya tingkat kunjungan ulang ke destinasi tersebut. Berkaitan dengan penelitian ini bahwa tujuan penelitian difokuskan untuk menjelaskan tentang kualitas pelayanan objek wisata di Kebun Binatang Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis persentase, range, serta tingkat interval. Populasi penelitian adalah seluruh pengunjung ke Kebun Binatang Bandung, untuk periode tertentu, dengan ukuran sampel 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan objek wisata Kebun Binatang Bandung, tercapai dengan skor total 6.597 dari skor ideal 7.000. Berdasarkan hasil analisis tersebut, bahwa kualitas pelayanan objek wisata di Kebun Binatang Bandung, termasuk ke dalam kategori BAIK. Aspek yang dinilai baik adalah aspek tangible, responsiveness, assurance, reliability, dan emphaty

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Tangible, Responsiveness, Assurance, Reliability, dan Emphaty


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bateson, JEG and KD Hofmann. 2004. Managing Service Marketing, Text and Readings. Fort Worth: The Dryden Press.

Berry. LL. 1980. Service Marketing is Different. Business Vol. 30 (May – June) p.p. 24 – 29.

Gronroos, C. 1984. “A Service Quality Model and Its Marketing Implications”, European Journal of Marketing. Vol. 18. No. 4, pp. 36 – 45.

Parasuraman, A., V.A. Zeithaml, and L.L. Berrry. 2002. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing. Vol. 49 Fal pp. 41- 50.

Lovelock. CH. And L. Wright. 2002. Principles of Service Marketing and Management, 2nd ed. Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.

Lovelock, Cristopher. 2008. Service Marketing, 2nd Edtion. A Simon and Schuster Co. Upper Sadde River. Prentice Hall: New Jersey.

Buku Laporan Kunjungan, Kota Bandung dalam Angka, Tingkat Kunjungan wisatawan ke Kota Bandung, 2013.

Didin Syarifuddin. 2013. Kualitas Pelayanan Objek Wisata, Menuju Kepuasan Pengunjung. (Dampak Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Karang Setra Bandung). Jurnal Nasional. Kopertis Wilayah IV, Jabar Banten.




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v1i2.169

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License