PENGARUH ATRAKSI DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN PENINGKATAN PELAKU WIRAUSAHA DI DANAU CIPONDOH

Heny Ratnaningtyas, Amrullah Amrullah, Rahmat Ingkadijaya

Sari


ABSTRAK

 

Atraksi dan fasilitas yang menarik di Danau Cipondoh meningkatkan kunjungan wisatawan dan memberi dampak positif pada para pelaku usaha kecil, terutama warung makan. Meskipun demikian, pelaku usaha kecil belum mampu berinovasi dengan baik dalam menciptakan produk makanan yang unik dan berbeda.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh atraksi dan fasilitas terhadap minat berkunjung dan dampaknya terhadap peningkatan jumlah pelaku usaha warung makan di Danau Cipondoh.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang datang ke Danau Cipondoh, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner dengan skala likert dari 1 sampai dengan 5. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Atraksi wisata dan fasilitas wisata berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ; (2) Minat berkunjung berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah pelaku wirausaha. Danau Cipondoh memiliki pemandangan danau yang hijau dan indah serta memiliki berbagai atraksi buatan seperti memancing, berkemah, sepeda air, wahana bebekan dan berperahu serta. Danau Cipondoh memiliki fasilitas yang memadai  seperti area parkir, mushola, tempat istirahat, toilet, dan tempat sampah serta warung makan. Minat berkunjung berpengaruh berdampak pada meningkatnya jumlah pelaku usaha warung makan disebabkan banyaknya permintaan kebutuhan  makanan dan minuman para pengunjung. Saran dari penelitian ini adalah para pengelola Danau Cipondoh diharapkan dapat mempromosikan  Danau Cipondoh melalui media sosial seperti Website, Instagram, dan Facebook.

 

Kata Kunci : Atraksi, Fasilitas, Minat Berkunjung, Pelaku Wirausaha

 

ABSTRACT

 

Interesting attractions and facilities at Lake Cipondoh increase tourist visits and have a positive impact on small business actors, especially food stalls. Even so, small business actors have not been able to innovate properly in creating unique and different food products. This study aims to eliminate the influence of entertainment and convenience on interest in visiting and its impact on increasing the number of food stalls in Lake Cipondoh. This type of research is descriptive quantitative with path analysis method. The population in this study were all visitors who came to Lake Cipondoh, while the sample in this study was 150 respondents. The data collection method is by distributing questionnaires with a Likert scale from 1 to 5. The sampling technique uses accidental sampling. The results of the study show that: (1) tourist attractions and tourist facilities have a significant effect on visiting intentions; (2) Interest has a significant effect on increasing the number of entrepreneurs. Lake Cipondoh has a green and beautiful view of the lake and has various man-made attractions such as fishing, camping, water bikes, duck rides and boating as well. Lake Cipondoh has adequate facilities such as parking areas, prayer rooms, rest areas, toilets and trash cans as well as food stalls. Interest has an impact on the increasing number of food stall business actors due to the large number of requests for food and beverage needs from visitors. The suggestion from this research is that the managers of Lake Cipondoh are expected to be able to promote Lake Cipondoh through social media such as Websites, Instagram and Facebook.

 

Keywords: Attractions, Facilities, Visit Interest, Entrepreneurial Actors

 

 



Kata Kunci


Atraksi, Fasilitas, Minat Berkunjung, Pelaku Wirausaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulhaji, S., & Yusuf, I. S. Hi. (2016). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humaniora, 7(2): 134-148.

Fitroh, S. K. A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 42(2): 18-25.

Kusuma, I. L., Fitria, T. N., & Dewi, M. W. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Peluang Bisnis Untuk Generasi Milenial di Soloraya Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Budimas, 3(2): 315-321.

Lestari, S., Yulita, I. K., & Prabowo, T. H. E. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata terhadap Minat Berkunjung Ulang (Studi kasus Wisatawan Pantai Klayar Pacitan). EXERO: Journal of Research in Business and Economics, 5(1): 1-28.

Nurbaeti., Rahmanita, M., Ratnaningtyas, H., & Amrullah. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Aksesbilitas, Harga dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Cipondoh, Kota Tangerang. Jurnal Sosial dan Humaniora, 10(2): 269-278.

Pancawati, J., Purwanto, M. Y. J., Widiatmaka., Nurisjah, S., & Pramudya, B. (2018). Pengembangan Peran Kelembagaan Pengelolaan Situ Studi Kasus Situ Cipondoh Kota Tangerang. Jurnal Sosial Ekonomi Pekerjaan Umum, 10(2): 91-105.

Putra, G. B. S., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi PT.Selecta, Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(2): 1-8.

Ratnaningtyas, H., Gantina, D., Swantari, A., Marie, A. L., & Abduh, M. S. (2023). Keberhasilan Pelaku Wirausaha dalam Mengembangkan Usahanya di Destinasi Wisata Danau Cipondoh Kota Tangerang, Provinsi Banten. Tourism Scientific Journal, 8(1): 105-113.

Rosita., Marhanah, S., & Wahadi, W. H. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 13(1): 61-72.

Salim, M. N. M., Mulyani, I. D., & Khojin, N. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Wisata Hutan Mangrove Kaliwlingi Brebes. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(4): 113-126.

Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2): 26-34.

Setiyanti, D. W., & Sadono, D. (2011). Dampak Pariwisata Terhadap Peluang Usaha dan Kerja Luar Pertanian di Daerah Pesisir. Sodality: Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia, 5(3) : 259-272

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta

Sulistiyana, R. T., Hamid, D., & Azizah, D. F. (2015). Pengaruh Fasilitas Wisata dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1): 1-9.

Urbanus, I. N., & Febianti. (2017). Analisis Dampak Perkembangan Pariwisata Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Wilayah Bali Selatan. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 1(2): 118-133.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v10i2.15756

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License