PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA RESTORAN KOI JAKARTA BARAT

Wijayanti Dewi Prabandari, Vienna Artina Sembiring, Florensia Herienda

Sari


ABSTRAK

 

Pemberian kompensasi di Restoran KOI Jakarta Barat harus diatur dengan baik, sehingga dapat diterima oleh kedua belah pihak dengan harapan dapat menjamin kepuasan karyawan yang pada gilirannya nanti perusahaan dapat mencapai tingkat kinerja yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Restoran KOI Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh karena populasi sama dengan sampel yaitu sebanyak 50 karyawan Restoran KOI. Lokasi penelitian terletak di Restoran KOI Puri Indah Mall Jakarta Barat. Metode pengumpulan data  dengan menyebarkan kuisioner dengan skala likert dari 1 sampai dengan 5.  Hasil penelitian menunjukkan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Restoran KOI Jakarta Barat. Semakin tinggi kompensasi yang diberikan Restoran KOI, maka semakin tinggi pula produktivitas kerja semua karyawannya, hal tersebut membuat para karyawan sangat loyal dan setia kepada Restoran KOI Jakarta Barat. Diharapkan Pimpinan Restoran KOI di Jakarta dapat lebih memperhatikan tunjangan-tunjangan yang diberikan pada karyawannya, yaitu memberikan jaminan kesehatan dan jaminan kecelakaan kerja.

 

Kata Kunci: Kompensasi, Kinerja Karyawan

 

ABSTRACT

 

Compensation at KOI West Jakarta Restaurantmust be properly regulated, so that it can be accepted by both parties with the hope of guaranteeing employee satisfaction which in turn the company can achieve the desired level of performance.This study aims to determine the effect of compensation on employee performance at KOI West Jakarta Restaurant. This type of research is descriptive quantitative with multiple regression analysis method. The sampling technique uses a saturated sampling technique because the population is the same as the sample, namely as many as 50 KOI Restaurant employees. The research location is located at the KOI Puri Indah Mall Restaurant, West Jakarta. The data collection method is by distributing questionnaires with a Likert scale from 1 to 5. The results show that compensation has a significant effect on employee performance at the KOI West Jakarta Restaurant. The higher the compensation given by KOI Restaurant, the higher the work productivity of all its employees, this makes employees very loyal and loyal to KOI West Jakarta Restaurant. It is hoped that the leadership of the KOI Restaurant in Jakarta can pay more attention to the benefits given to their employees, namely providing health insurance and work accident insurance.

 

Keywords: Compensation, Employee Performance


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baiti, K. N., Djumali., & Kustiyah, E. (2020). Produktivitas Kerja Karyawan Ditinjau Dari Motivasi, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Edunomika, 4(1): 69-87. DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i01.812

Fithriana, N., & Adi, A. N. (2020). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Kantor Terpadu. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 8(2): 90-97. DOI: https://doi.org/10.33366/ref.v8i2.1788

Hadi, S., Putra, A. R., Mardikaningsih, R. (2020). Pengaruh Perilaku Inovatif dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Baruna Horizon, 3(1): 186-197. DOI: https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v3i1.38

Herianto, M., & Gunawan, J. (2019). Identifikasi Karakteristik Pada Industri Restoran di Surabaya. Jurnal Sains dan Seni ITS, 8(2): D310-D314.

Herienda, F., Ratnaningtyas, H., Oktavia, R. C. D. (2022). The Effect of Training And Compensation on Employee Performance on The Implementing Directors of Controlling The Development of The Kemayoran Complex (DP3KK). JPIM: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 7(3): 317-324.DOI: https://doi.org/10.30736/jpim.v7i3.1213

Irwanto, T., & Melinda,T. F. ( 2015). Pengaruh Disiplin dan Motivasi dan Kinerja Pegawai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Ekombis Review: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(2): 215-228. DOI: https://doi.org/10.37676/ekombis.v3i2.148

Kadarisman. (2014). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.

Nawa, F., & Kempa, S. (2017). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pln (Persero) Wilayah Nusa

Tenggara Timur. Agora, 5(3): 1-9. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/6092

Pratama, S. A., Hakam, M. S., & Nurtjahjono, G. E. (2015). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Asuransi Jiwasraya Persero Regional Office Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1): 1-8. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/973

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti., Asmaniati, F., Amrullah. (2022). The Effect Of 4p On The Decision To Visit Ampera 2 Tak Veteran's Restaurant Bintaro, Jakarta Selatan. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 7(1): 149-159. DOI: https://doi.org/10.30736/jpim.v7i1.952

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti., Asmaniati, F., Amrullah. (2022). Pengaruh People, Physical Evidence dan Process Terhadap Kunjungan. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 17(2): 75-8. DOI: https://doi.org/10.32534/jv.v17i2.28787

Rumere, L. O., Pio, R. J., & Tampi, J. R. E. (2016). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. Kantor Cabang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(1): 1-6. DOI: https://doi.org/10.35797/jab.v4.i1.%25p

Saputri, D. L. (2018). Hubungan Kompensasi Dengan Kinerja Karyawan Food and Beverage Department di Hotel Grand Central Pekanbaru. JOM FISIP, 5(1): 1-11. https://media.neliti.com/media/publications/200890-hubungan-kompensasi-dengan-kinerja-karya.pdf

Setyowati, I., & Haryani, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Kompensasi

Terhadap Kinerja Karyawan Pada Restoran Taman Pringsewu Yogyakarta. JEMBATAN: Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, XIII(2): 57-72. DOI: https://doi.org/10.29259/jmbt.v13i2.4021

Yusnita, H. W.,& Yulianto, A. (2013). Upaya Food & Beverage Restaurant Dalam Meningkatkan

Kepuasan Tamu Melalui Variasi Product. Jurnal Khasanah Ilmu, IV(1): 67-81. DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v4i1.513.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v10i1.15113

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License