STRATEGI PENGEMBANGAN MINUMAN TRADISIONAL WEDANG REMPAH DI PENDOPO nDE’ LUWEH RESTAURAN SEBAGAI WISATA KULINER DI YOGYAKARTA

Fathurrahman Nurul Hakim

Sari


ABSTRAK

 

Penelitan ini bertujuan untuk mencari strategi yang tepat guna untuk mengembangkan minuman tradisional wedang rempah di pendopo nDe’luweh restauran sebagai produk wisata kuliner di Yogyakarta dan mencari faktor yang dipertimbangkan masyarakat dalam mengkonsumsi minuman tradisional wedang rempah.Penelitan ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai suatu hal, menurut pandangan manusia yang ditelitinya, penelian  dilakukan selama 5 bulan, sumber data berupa data primer dan sekunder dengan tehnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan study dokumentasi alat untuk menganalisa data yakni mengunakan Tringulasi data.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam rangka menjawab permasalahan menunjukan bahwa strategi difernsasi adalah strategi yang paling kuat untuk bisa di terapkan dalam pengembangan minuman tradisional wedang rempah di pendopo nDe’luweh restauran karena keunikan produk yang tidak di temui ditempat lain, atmosfir dan desain ruangan yang selaras dengan konsep membuat strategi pembeda ini yang menjadikan kekuatan yang paling dominan sedangkan faktor yang mempengaruhi masyarakat mengkonsusmsi wedang rempah adalah faktor internal yaitu prilaku gaya hidup dan demografi sedangkan faktor eksternal mencakup bauran pemasaran yaitu produk place, price, people dan service

 

Kata kunci : Strategi Pembeda, pengembangan,  wedang Rempah produk wisata kuliner.

 

ABSTRACT

 

This research aims to find the right strategy in order to develop a traditional drink wedang rempah in the Pendopo nDe’luweh restaurant as a culinary tourism product in Yogyakarta and also found for the factors considered in the community to consume traditional drink wedang spices.This research uses a qualitative approach with case study method is find out symptoms overall according to the context or purpose to get a complete picture about something humanly he studied, this recent research carried out for 5 months, the source data in the form of primary and secondary data sources with data collection techniques such as interviews, observation and study documentation tools for analyzing the data which is using Tringulasi data.Based on the results of research conducted in order to answer the problems showed that difernsasi strategy is the most powerful strategy to be applied in the development of traditional drinks wedang rempah in the pendopo  nDe’luweh restaurant because of the unique products that are not encountered elsewhere in the atmosphere and in harmony with the room design This makes the concept of differentiating strategy that makes the most dominant force while the factors that affect the consuming public is the spice wedang internal factors are behavioral lifestyle and demographics, while external factors include the marketing mix is the product place, people, price, and service

Keywords: different strategy, development, wedang rempah culinary product.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardika. I Wayan. 2009. Pusaka Budaya dan Pariwisata. Bali : Pustaka Larasan.

Moleong. Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pitana, I Gde. 2002. “Pengembangan Ekowisata di Bali”. Makalah di sajikan pada seminar Ekowisata di Audoturium Universitad Udayana Bali. Bali. Pada tanggal 29 juni 2002.

Rambat Lupiyoadi - A. Hamdani. 2008. Manajeman Pemasaran Jasa . Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin-Partinah. 2003. Minuman Tradisional Yang berkhasiat: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy,2005, Manajemen Jasa, Yogyakarta.Andi.

Udayana Jusuf, Lucky Yunia Wennadi, Devi Angrahini.Manajemen Stratejik. Yogyakarta: Graha ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31294/par.v10i1.15111

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License