Marketing Stimuli Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Paket Wisata Domestik Grup

Dina Mayasari Soeswoyo, Desti Nurmawanti

Sari


ABSTRACT

The increased competitiveness of business and travel in Indonesia, making the businesses sought in various ways to survive and improve their business. They compete to attract the attention of potential consumers (tourists) and influence them to buy tourist products offered. Dipo Tour & Travel Depok is an example of a travel agency that could survive their business even has a growing consumer in the sale of domestic tour packages for groups. The purpose of this study is an investigation to determine the depth overview of domestic travel packages products group offered Dipo Tour & Travel, the marketing efforts undertaken, and determine important marketing stimuli that influence consumers decision to buy the group domestic packages tours. The case study method is descriptive qualitative with primary data obtained from the results of in-depth interviews to several informants were selected purposively. The final outcome of this case study is the decision of purchasing travel packages domestic group in Dipo Tour & Travel Depok influenced by marketing  stimuli are the variable product, price, location / distribution, promotion and service while the most important or dominant factors is variable product, promotion and service.

 

Keywords: Marketing Stimuli, Group Domestic Package Tour, Buying Decision, Consumer Buying Behaviour, Dipo Tour & Travel.

 

ABSTRAK

Meningkatnya daya saing usaha perjalanan wisata di Indonesia, membuat para pelaku usaha berupaya dengan berbagai cara untuk mempertahankan dan meningkatkan usahanya. Mereka bersaing dan berlomba menarik perhatian calon konsumen (wisatawan) dan mempengaruhinya agar membeli produk-produk wisata yang ditawarkan. Dipo Tour & Travel Depok adalah contoh sebuah biro perjalanan wisata yang mampu bertahan  bahkan memiliki konsumen yang terus meningkat dalam penjualan paket wisata domestik untuk grup. Tujuan dari penelitian ini adalah investigasi untuk mengetahui secara mendalam gambaran produk paket wisata domestik grup yang ditawarkan Dipo Tour & Travel, upaya-upaya pemasaran yang dilakukan, dan mengetahui stimuli pemasaran penting yang  mempengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk membeli paket wisata domestik grup tersebut. Metode penelitian studi kasus ini adalah deskriptif kualitatif dengan data primer didapat dari hasil wawancara mendalam kepada beberapa informan yang dipilih secara purposive. Hasil akhir dari studi kasus ini adalah keputusan pembelian paket wisata domestik grup di Dipo Tour & Travel Depok dipengaruhi oleh stimuli pemasaran yaitu variabel produk, harga, lokasi/distribusi, promosi dan layanan, dengan faktor yang paling penting dan dominan berpengaruh adalah variabel produk, promosi dan layanan.

Kata Kunci : Marketing Stimuli , Paket Wisata Domestik Grup, Keputusan Pembelian, Perilaku Pembelian Konsumen, dan  Dipo Tour & Travel.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, Yeni . (2014) . Pengaruh Service Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Paket Perjalanan Wisata ke Luar Negeri pada Biro Perjalanan Wisata. Diakses dari studentjournal.petra. ac.id/index.php/manajemenpariwisata/article/view/2498

Basil, G. (2013) . The Marketing Mix Element as Determinants of Consumer’s Choice of Made-In-Nigeria Shoes in Cross River State. European Journal of Business and Management, Vol.5, No.6, 2013. Diakses dari www.iiste.org.

Chiang, C. & Chen, W. (2014) . The Impression Management Techniques of Tour Leaders in Group Package Tour Service Encounters. Journal of Travel & Tourism , 31(6), 747-726 . doi: abs/10.1080/10548408.2014.889641

Citradewi, D. & Sulistiono. (2014) . Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol 2, No.1. pp. 19-21

Cooper, C.P. (2000) . Tourism: Principles and Practice. Second Edition. London : Longman.

Desky, M.A. (1999). Operasi Perencanaan Wisata. Yogyakarta: Adicitra Karya Nusa.

Alamsyah, D. P. (2015). Telaah Persepsi Kualitas dan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Sayuran Organik. Jurnal Ekono Insentif Kopwil 4, 9.

Ismayanti. (2010). Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo .

Juwita, I. & Hariyanto. (2016). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara. Pariwisata, III(1), p.20. Diakses dari ejournal.bsi.ac.id/ ejurnal/index.php/jp/article/view/895

Karim,T.Z. (2014). Pengembangan Paket Wisata di Kota Ternate. Jurnal Tata Kota dan Daerah, Vol 6, No 2. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Kotler, P. , Bowen, J.T., & Makens, J.C. (2010) . Marketing for Hospitality & Tourism. 5th edition. USA: Pearson Prentice Hall.

Keller, Kotler, P., & Lane, K. (2009) . Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler,P.(1998). Manajemen Pemasaran:Analis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, P. (2000).Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid pertama. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. and Armstrong, G. (2006). Principles of Marketing . 10th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Lestari, W. (2010). Analisis Keputusan Wisatawan Terhadap Kualitas Produk Wisata Di Kawasan Wisata Candi Borobudur Pasca Erupsi Merapi. Diakses dari https://digilib.uns.ac.id/

Miles, M. dan Huberman, A. M. (1992) . Analisis Data Kualitatif: Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta : UI Press.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Cetakan ke 22. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

M.Wiesse. (2008). Consumer Behaviour in Context. Diakses dari http://repository.up.ac.za/bitstream/handle/2263/29820/03chapter4.pdf?sequence=4&isAllowed=y. (P. 125).

Oktavita, R., Suharyono, & Hidayat, K. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian. Diakses dari Administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/viewFile/144/252

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Ecodemica, 4(1), 100-107.

Siallagan, A.F. & Purwanti. (2011). Analisis Permintaan Wisatawan Nusantara Obyek Wisata Batu Kursi Siallagan. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/29814/1/.

Schiffman & Kanuk. (2008 ). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Suyanto, M. (2007). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Tunis, A.J. & Martina, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di The Secret Factory Outlet. Pariwisata, III (1). 60

Wiktionari Bahasa Indonesia. Diakses dari https://id.wiktionary.org/wiki/wisata_domestik.

Yohanes. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, Volume XIII, No.2, Juli 2008 , 140-146.

Yoeti, O. A. (1997). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.31311/par.v3i2.1469

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License