PENERAPAN CHSE MENGHADAPI NEW ERA UNTUK MENINGKATKAN INCOME HOTEL JAMBULUWUK JOGYAKARTA
Sari
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan CHSE dalam menghadapi Adaptasi baru/New Era, Strategi Hotel dalam Meningkatkan income dan penerapan CHSE dalam menghadapi Adaptasi baru/New Era dapat meningkatkan income di hotel Jambuluwuk Jogya. Metode yang digunakan adalah metode diskriptive kualitative dengan cara interview dan observasi langsung ke hotel. Hasil dari artikel ini adalah Penerapan CHSE dalam menghadapi Adaptasi baru/New Era di Hotel Jambuluwuk Jogya dengan cara mewajibkan semua pengunjung dan staf karyawan hotel dengan menggunakan masker,handsanitizer dan sosial distancing serta selalu menjaga kebersihan baik diri sendiri dan lingkungan hotel tempat bekerja. Alat yang disediakan hotel berupatempat cuci tangan, handsanitazer, alat pengukur suhu tubuh.Strategi yang dilakukan hotel jambuluwuk dalam meningkatkan income dalam new era dengan cara memberikan paket promo untuk room, menjual paket makanan by order, menyewakan jasa kebersihan rumah, menyewakan peralatan karaoke dan menjual makanan angkringan didepan hotel serta setiap titik jogya hingga menarik para pengunjung untuk stay di hotel Jambuluwuk.Penerapan CHSE yang dilakukan membawa pengaruh positif hingga banyaknya pengunjung yang datang bercerita dari mulut ke mulut hingga membuat Income hotel bertambah dan dapat mengcover operasional hotel.
Kata Kunci : Penerapan CHSE, New Era, Income, Hotel
IMPLEMENTATION OF CHSE FACING THE NEW ERA TO INCREASE INCOME HOTEL JAMBULUWUK JOGYAKARTA
Abstract
This article aims to find out the implementation of CHSE in facing the new Adaptation / New Era, Hotel Strategy in Increasing income and the application of CHSE in facing the new Adaptation / New Era can increase income at the Jambuluwuk hotel, Jogya. The method used is descriptive qualitative method by means of interviews and direct observation to the hotel. The result of this article is the application of CHSE in dealing with the new Adaptation/New Era at Jambuluwuk Hotel Jogya by requiring all visitors and hotel staff to use masks, hand sanitizer and social distancing and always maintain good hygiene both themselves and the hotel environment where they work. The tools provided by the hotel are hand washing stations, hand sanitizers, and body temperature measuring devices. The strategy carried out by the Jambuluwuk hotel in increasing income in the new era is by providing promo packages for rooms, selling food packages by order, renting house cleaning services, renting karaoke equipment and selling angkringan food in front of the hotel and at every Jogja point to attract visitors to stay at the hotel. Jambuluwuk hotel. The implementation of the CHSE has a positive influence so that many visitors come to tell stories by word of mouth to make the hotel's income increase and cover the hotel's operations.
Keywords: Application of CHSE, New Era, Income, HotelKata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmadi, Supriyadi. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Alimul, Hidayat A.A. 2008. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.
Ananto, Purnomo. 2006. Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Jakarta : Departemen Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bagyono dan Agus Sambodo. 2006. Dasar-dasar Kantor Depan Hotel. Yogyakarta : CV Andi Offset.
Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga
Endar, Sugiarto dan Sri Sulartiningrum. 1996. Pengantar Industri Akomodasi dan Restoran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Gerungan, W.A. 1996. Psikologi Sosial. Bandung : Eresco
Kartono Kartini Dr. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Perkasa
Kusmayadi, Endar Sugiarto. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
L. Maulina, N.Dianawati, et.al. (2021). Pelaksanaan Protokol Kesehatan berbasis Cleanliness, Health, Safety, And Environment Sustainability (CHSE) Pada Industri Perhotelan di kota Bandung. 15(10). 1-15
Lawson, Fred. 1976. Hotel Motels and Condominium ( Design Planning and Mintenance. London :First Publish Great Britain by Architectural Press LTD
Meilina R dan Sudanto R. 2020. Dampak Perubahan Lingkungan Non Fisik Masa Pandemi Covid-19 bagi karyawan Toserba Barokah Kota Kediri. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 5(1), 46-56.
Mondy, R. Wayne. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga : Jakarta.
Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta
Refdinal. 2006. Tingkah Laku Sakit Pasien Dalam Proses Perawatan Di Rumah Sakit. Skripsi Fisip UA.
Rumekso. 2001. Housekeeping Hotel. Yogyakarta : Andi Offset.
Sihite, Richard. 2000.Hotel Management Pengelolaan Hotel. Surabaya : SIC.
Siti Sundari Rangkuti. 2000. Hukum Lingkungan dan Kebijaksanaan Lingkungan Nasional. Surabaya: Airlangga University Press.
Soemarwoto, Otto. 1983. Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan
Suparlan,Parsudi. 1993. Adaptasi dalam Antropologi Jakarta. Yayasan Obor Indonesia.
Suma’mur .P.K. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. PT. Gunung Agung. Jakarta : 1989.
Witherington. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Yayuk Sri Perwani. 1999.Teori dan Petunjuk Praktek Housekeeping untuk Akademi Perhotelan Make Up Room. PT Gramedia Pustaka : Utama Jakarta
DOI: https://doi.org/10.31294/par.v9i2.13798