UPAYA INBOUND MARKETING OLEH GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA DI ERA PANDEMI COVID 19
Sari
One of the tourist attractions in Yogyakarta that has been affected by the Covid pandemic is Gembira Loka Zoo (GL Zoo). GL Zoo had not been operating for a long time during the Covid 19 pandemic, this had an impact on the company's income, where they had to continue to provide food for their animals. In September 2021, GL Zoo is allowed to operate again with various new policies. With the reopening of GL Zoo, the manager needs a massive promotional media to provide information back to customers. The use of inbound marketing through the use of websites, blogs and social media is an important thing for business people to do because it can increase sales significantly. This study tries to examine the efforts of GL Zoo to implement Inbound Marketing. The research was conducted by descriptive qualitative method with data collection using observation. The results obtained are that GL Zoo has made Inbound Marketing efforts quite well, but has not been maximized. The implementations carried out by GL Zoo are Attract, Close, and Delight. While the convert stage has been attempted, as shown on the website, when the observation was carried out, the landing page for booking tickets to visit could not be done.
Keywords: inbound marketing, GL Zoo, Marketing, Tourism
Salah satu obyek wisata di Yogyakarta yang terdampak pandemic Covid adalah Gembira Loka Zoo (GL Zoo). GL Zoo sempat tidak beroperasi lama selama pandemic Covid 19, hal tersebut berdampak pada pendapatan perusahaan, dimana mereka harus tetap memberikan pakan satwa-satwanya. Pada September 2021, GL Zoo diperbolehkan beroperasi kembali dengan berbagai kebijakan baru. Dengan dibukanya Kembali GL Zoo maka pengelola membutuhkan media promosi yang massif untuk memberikan informasi kembali bagi pelanggan. Penggunaan inbound marketing melalui pemanfaatan website, blog dan media sosial adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh para pelaku usaha karena dapat meingkatkan penjualan secara signifikan. Penelitian ini mencoba meneliti upaya GL Zoo menerapkan Inbound Marketing. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil yang diperoleh adalah GL Zoo telah melakukan upaya Inbound Marketing secara cukup baik, namun belum maksimal. Penerapan yang dilakukan GL Zoo yaitu Attract, Close, dan Delight. Sementara tahapan convert telah diupayakan seperti terlihat di websitenya, namun saat observasi dilakukan landing page untuk pemesanan tiket berkunjung tidak dapat dilakukan.
Kata Kunci: Inbound Marketing, GL Zoo, Pemasaran, Pariwisata
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Kemenparekraf/Baparekraf RI. 2021. Tren Pariwisata Indonesia di Tengah Pandemi. Diakses dari https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. 2016. Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. Elsevier, vol. 34(1), pages 22-45. International Journal of Research in Marketing.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.
Latifah, Retnani., Mujiastuti, Rury, dan Hendra. 2018. Analisis Penggunaan Inbound Marketing di UMKM Fashion Kelurahan Penggilingan. Prosiding Semnastek 2018.
Opreana, A., & Vinerean, S. 2015. A new development in online marketing:
Introducing digital inbound marketing. Expert Journal of Marketing, 3(1).
Pangaribowo, W. S. (2021a, Agustus 4). Industri pariwisata di Jogja rugi Rp 10 triliun selama pandemi. Kompas.com. Diakses dari https://travel.kompas.com/read/2021/08/04/123500027/industri-pariwisata-di-jogja-rugi-rp-10-triliun-selama-pandemi?page=all
Patrutiu-Baltes, L. 2016. Inbound Marketing-the most important digital marketing
strategy. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Economic Sciences.
Series V, 9(2), 61.
Purwana, Dedi. 2017, Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (UMKM), Vol.1 Nomor 1.
Stockdale, R., Ahmed, A., & Scheepers, H. 2012. Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective. Pacific Asia Conference on Information Systems. Association for Information System Electronic Library.
Tjiptono, Fandy. 2011. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta : ANDI.
Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.
Wahyuni, Dinar. 2021. Upaya Pemulihan Pariwisata Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial | Volume 12, No. 2 Desember 2021
DOI: https://doi.org/10.31294/par.v9i1.12607