Analisis Rasio Likuiditas Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Rizka Nur Indah Safitri, Hasanudin Hasanudin

Abstract


Perusahaan makanan dan minuman merupakan perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur yaitu perusahaan yang mengelola bahan mentah menjadi bahan jadi yang memiliki nilai jual. Pada tahun 2020, ada 30 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rasio likuiditas perusahaan manufaktur khususnya perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dimana tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan dan menganalisis rasio likuiditas yang terdiri dari current ratio, quick ratio, dan cash ratio. Pada tahun 2020-2022 PT Akasha Wira International Tbk, PT Campina Ice Cream Tbk, Mayora Indah Tbk, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk, dan PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk mendapatkan hasil quick ratio yang baik yaitu melebihi 1,5 kali yang artinya perusahaan tersebut mampu untuk memenuhi semua kewajiban jangka pendeknya. Sedangkan PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk mendapatkan hasil di bawah 1,5 kali yang artinya perusahaan tidak cukup mampu untuk memenuhi  semua kewajiban jangka pendeknya.

 

Kata Kunci: Rasio keuangan, Analisis Rasio Likuiditas


Full Text:

PDF

References


Wijayanto, R. (2021). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019.

Vionita, A. (2022). Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Aziz, M. S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Persediaan pada Koperasi Mahasiswa UIN Maliki Malang, 74-78. https://etheses.uin-malang.ac.id

Trianto, A. (2017). Analisis laporan keuangan sebagai alat untuk menilai kinerja keuangan perusahaan pada PT. Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(3), 1-10.

Orniati, Y. (2009). Laporan keuangan sebagai alat untuk menilai kinerja keuangan. Jurnal ekonomi bisnis, 14(3), 206-213.

Barus, M. A., Sudjana, N., & Sulasmiyati, S. (2017). Penggunaan rasio keuangan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan (studi pada PT. Astra Otoparts, Tbk dan PT. Goodyer Indonesia, Tbk yang go public di bursa efek indonesia) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Andhini, F. A., & Yuliandari, W. S. (2014). Pengaruh Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Dan Penilaian Prinsip 5C Calon Debitur Terhadap Efektivitas Pemberian Kredit Pada PT. BPR Artha Bersama Depok. eProceedings of Management, 1(3).

Arviana, G. N. (2023). 10 Tugas Sekretaris yang Utama, Tak Semudah Kelihatannya!. Retrieved Mei 22, (2023), From https://glints.com/lowongan/tugas-sekretaris/

Ervina. (2023, Mei 28). HRD dan Personalia : Fungsi, Tugas, Arti, Kepanjangan. From https://www.talenta.co/blog/perbedaan-hrd-dan-personalia-adalah/

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Slat, A. H. (2013). Analisis harga pokok produk dengan metode full costing dan penentuan harga jual. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Suteja, I. G. N. (2018). Analisis kinerja keuangan dengan metode altman z-score pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 12-17.

Damanis, R. A. P., Sari, D. H., & Ramli, R. (2021). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN RASIO LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, DAN PROFITABILITAS PADA PT BANK MAYBANK INDONESIA TBK PERIODE TAHUN 2016-2020. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa Akuntansi Poltekba, 3, 15-24.

Hantono. (2018). Konsep Analisa Laporan Keuangan Dengan Pendekatan Rasio dan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Jumingan. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Hery. (2018). Analisis Laporan Keuangan : Integrated and Comprehensive Edition. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia.

Munawir, S. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v11i1.18790

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License