Komparasi Pemilihan Platform Belanja Online Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dan Profile Matching.

Qorinul Ahlamiyah, Rani Irma Handayani, F. Lia Dwi Cahyanti

Abstract


Abstrak - Perkembangan bisnis di Indonesia yang sangat pesat akhir-akhir ini adalah bisnis secara online. Belanja online atau e-commerce adalah salah satu cara berbelanja melalui media elektronik yaitu handphone, laptop, komputer dan lain sebagainya. Belanja online merupakan salah satu akses yang mudah untuk membeli segala kebutuhan karena pembeli dan penjual tidak perlu susah payah untuk bertemu langsung di toko. Pembeli bisa melihat barang yang diinginkan melalui media elektronik yang telah dihubungan oleh internet kemudian dapat memesan barang sesuai dengan pilihan lalu jika sudah sesuai maka pembeli melakukan pembayaran melalui transfer uang elektronik yang telah disediakan di online shop yang telah dipilih. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan metode Profile Matching. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dan hasil analisis untuk mendapatkan informasi yang harus disimpulkan. Dengan kriteria yang digunakan meliputi nilai kualitas, kepercayaan, kemudahan serta harga barang. Dari hasil pengumpulan data yang telah dilakukan, diperoleh hasil alternatif Shopee sebagai nilai tertinggi dengan perhitungan menggunakan metode SAW dan profile matching dengan nilai 0,95 dan 4,625. Selanjutnya untuk Tokopedia dengan nilai 0,89 dan 4,5. Selanjutnya Bukalapak dengan nilai 0,85 dan 4,375. Dan kemudian Lazada dengan nilai 0,81 dan 4,125. Bobot yang diberikan pada setiap kriteria mempengaruhi hasil akhir penentuan pemilihan aplikasi jasa online shop. Perubahan nilai bobot pada suatu kriteria juga akan mempengaruhi hasil akhir perhitungannya.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Aplikasi Online Shop, Simple Additive Weighting, Profile Matching

 

Abstract  - The rapid development of business in Indonesia lately is online business. Online shopping or e-commerce is one way of shopping through electronic media, namely cellphones, laptops, computers and so on. Online shopping is one of the easiest ways to buy everything you need because buyers and sellers don't have to bother to meet in person at the store. The buyer can see the desired item through electronic media that has been connected to the internet and then can order the goods according to the choice and if it is appropriate, the buyer makes a payment via electronic money transfer that has been provided at the selected online shop. This research was made using the Simple Additive Weighting (SAW) method and the Profile Matching method. This research was conducted by collecting data and analysis results to obtain information that must be concluded. The criteria used include the value of quality, trustworthiness, convenience and the price of goods. From the results of data collection that has been carried out, the Shopee alternative results obtained as the highest value with calculations using the SAW and Profile matching methods with values of 0.95 and 4.625. Furthermore, for Tokopedia with a value of 0.89 and 4.5. Furthermore, Bukalapak with a value of 0.85 and 4.375. And then Lazada with a value of 0.81 and 4.125. The weight given to each criterion affects the final result of determining the selection of an online shop service application. Changes in the weight value on a criterion will also affect the final result of the calculation.

Keywords: Decision Support System, Online Shop Application Selection, Simple Additive Weighting, Profile Matching


Full Text:

PDF

References


Abijono, H., & Kusrini, K. (2018). Heri Abijono Analisis Perbandingan Metode Simple Additive Weighting dan Profile Matching dalam Sistem Pendukung Keputusan. Generation Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.29407/gj.v2i2.12242

George Sumampouw, M. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Online Shop Untuk Berbelanja Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( Saw ). Jurnal Realtech, 13(1), 95–101.

Husni, M. A., & Wardhana, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Tokopedia di Indonesia. Journal E-Proceeding of Management, 8(2), 1185–1193.

Irawan, A., Alamudi, A., & Rahardiantoro, S. (2021). Metode Alternatif dalam Pencarian Peringkat E-Commerce. Xplore : Journal of Statistic, 10(1), 27–40.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga , Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Jbe, 1(1), 1–10.

Puspitaningrum, S., & Setiawati, C. I. (2021). Analisis 7 Atribut e-Commerce Berbasis Website sebagai Dasar Preferensi Konsumen di Kota Bandung dengan Pendekatan Analisis Konjoin. 6.

Wiriadikusumah, A. N., & Permana, F. C. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Platform E-commerce Dengan Metode Simple Additive Weighting. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.17509/edsence.v3i1.35281




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v10i2.13181

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v10i2.13181.g5664

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License