Analisa Online Customer Review (OCR) Menggunakan Algoritma Naive Bayes berbasis Particial Swarm Optimization (PSO)

Dewi Ayu Nur Wulandari, Siti Masripah

Sari


Perkembangan teknologi yang cukup pesat juga berdampak terhadap sistem penjualan. Saat ini banyak konsumen yang beralih berbelanja secara online dengan alasan lebih efektif. Daya tarik belanja online terletak pada kemampuannya untuk merampingkan proses transaksi, sehingga menarik konsumen karena peningkatan waktu dan efisiensi operasional. Marketplace merupakan platform digital di mana penjual dan pembeli bertemu untuk terlibat dalam berbagai bentuk transaksi yang melibatkan pertukaran barang atau jasa. Pada marketplace terdapat satu fitur dikenal dengan sebutkan Online Customer Review (OCR) atau ulasan pelanggan. Saat ini OCR dianggap penting dalam menentukan keputusan konsumen untuk melakukan pembelian pada marketplace tertenta, karena ulasan pelanggan dapat digunakan sebagai evaluasi kualitas produk dan layanan pada sebuah toko di marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa sebuah Online Customer Review (OCR) pada sebuah marketplace menggunakan Algoritma Naïve Bayes berbasis Particial Swarm Optimization (PSO). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan akurasi jika menggunakan algoritma  Algoritma Naïve Bayes berbasis PSO jika dibandingkan dengan tidak menggunakan PSO. Sedangkan untuk hasil evaluasi menggunakan Grafik ROC untuk mendaparkan nilai AUC yaitu proses algoritma Naïve Bayes mendapatkan nilai sebesar 0.578 dimana nilai tersebut terdapat dalam area Failure sedangkan nilai AUC pada proses algoritma Naïve Bayes berbasis PSO mendapatkan nilai sebesar 0.724 dimana nilai tersebut terdapat dalam area Fair classification. Sehingga dapat disimpulkan untuk Evaluasi dengan Nilai AUC mengalami peningkatan jika menggunakan PSO yaitu sebesar 0.146

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abighail, B. M. D., Fachrifansyah, F., Firmanda, M. R., Anggareainy, M. S., Harvianto, H., & Gintoro, G. (2023). Sentiment Analysis E-Commerce Review. 8th International Conference on Computer Science and Computational Intelligence (ICCSCI 2023), 1039–1045.

Aulianita, R., Aji, A. M. B., & Achyani, Y. E. (2021). TEXT MINING MENGGUNAKAN NAIVE BAYES BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK SENTIMENT RESTAURANT. In Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Rizki Aulianita (Vol. 6, Issue 1). www.yelp.com.

Bahtiar, S. A. H., Dewa, C. K., & Luthfi, A. (2023). Comparison of Naïve Bayes and Logistic Regression in Sentiment Analysis on Marketplace Reviews Using Rating-Based Labeling. Journal of Information Systems and Informatics, 5(3), 915–927. https://doi.org/10.51519/journalisi.v5i3.539

Camilleri, M., & Filieri, R. (2023). Customer Satisfaction and Loyalty With Online Consumer Reviews: Factors Affecting Revisit Intentions. International Journal of Hospitality Management, 114. https://doi.org/10.2139/ssrn.4531301

Elistiana, K. M., Bagus Adhi Kusuma, Subarkah, P., & Awal Rozaq, H. A. (2023). IMPROVEMENT OF NAIVE BAYES ALGORITHM IN SENTIMENT ANALYSIS OF SHOPEE APPLICATION REVIEWS ON GOOGLE PLAY STORE. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 4(6), 1431–1436. https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.6.1486

Gorunescu, F. (2011). Data Mining: Concepts, models and techniques. Springer-Verlag Berlin.

Handayani, F., & Pribadi Setio, F. (2015). Implementasi Algoritma Naive Bayes Classifier dalam Pengklasifikasian Teks Otomatis Pengaduan dan Pelaporan Masyarakat melalui Layanan Call Center 110. Jurnal Teknik Elektro , 7(1), 19–24.

Hu, X., Shi, Y., & Eberhart, R. (2004). Recent advances in particle swarm. Proceedings of the 2004 Congress on Evolutionary Computation, CEC2004, 1, 90–97. https://doi.org/10.1109/cec.2004.1330842

Laia, E., & Yamin, M. (2023). Penerapan Algoritma Naïve Bayes dalam Menganalisis Sentimen pada Review Pengguna E-Commerce. Media Online), 4(1), 305–316. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1186

Mardiana, H., Walid, M., & Kisnu Darmawan, A. (2023). Lexicon-Based and Naïve Bayes Sentiment … LEXICON-BASED AND NAIVE BAYES SENTIMENT ANALYSIS FOR RECOMMENDING THE BEST MARKETPLACE SELECTION AS A MARKETING STRATEGY FOR MSMES. 19(2). https://doi.org/10.33480/pilar.v19i2.4176

Masripah, S., & Wulandari, D. A. N. (2023). Analisa Online Customer Review (OCR) Menggunakan Algoritma Naive Bayes berbasis Particial Swarm Optimization (PSO).

Melisa Nur Aini, Rita Yulfani, & Nurul Jariah. (2024). Penerapan Metode Naïve Bayes Untuk Analisis Sentimen Ulasan Produk Sunscreen Berdasarkan Female Daily Review. Jurnal Multimedia Dan Teknologi Informasi (Jatilima), 6(01), 24–34. https://doi.org/10.54209/jatilima.v6i01.421

Noorbehbahani, F., Bajoghli, S., & Esfahani, H. H. (2023). Customer Loyalty Prediction of E-marketplaces Via Review Analysis. The 9th International Conference On Web Research (ICWR 2023).

Nurmaningsih. (2023). Pengaruh Harga, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3).

Pasaribu, N. A., & Sriani. (2023). The Shopee Application User Reviews Sentiment Analysis Employing Naïve Bayes Algorithm. International Journal Software Engineering and Computer Science (IJSECS), 3(3), 194–204. https://doi.org/10.35870/ijsecs.v3i3.1699

Putra, T. D., Utami, E., & Kurniawan, M. P. (2023). Analisis Sentimen Pemilu 2024 dengan Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization (PSO) 1 Analisis Sentimen Pemilu 2024 dengan Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization (PSO). https://doi.org/https://doi.org/10.35200/ex.v11i2.13

Rinaja, A. F., Bagus, I., Udayana, N., & Maharani, B. D. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, WORD OF MOUTH, AND PRICE CONSCIOUSNESS TERHADAP MINAT BELI DI SHOPEE. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 435–448.

Sianipar, F. A. H., & Yoestini, E. (2021). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI ONLINE MARKETPLACE (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 10(4), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Suryani, M., Adawiyah, N. N., & Beliya, E. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(1), 49–74. https://doi.org/10.55927

Yurindera, N. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Online Customer Review serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Sayurbox. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 8(2), 143–150. https://doi.org/10.35870/jemsi.v8i2.833




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.21985

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.21985.g6468

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License