Pengukuran Tingkat Kematangan Transportasi Online Menggunakan Maturity Model Proses Menetapkan dan Mengelola Mutu Layanan

Aam Aminudin, Irmawati Carolina, Adi Supriyatna

Sari


Pada bulan Oktober 2010 layanan Transportasi Online di Indonesia (Go-jek) sudah dibangun, dimana dimulai dengan sebuah Call Center dan 20 pengemudi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur tingkat kematangan layanan Transportasi Online, serta untuk menilai apakah sistem layanan Transportasi Online ini sudah dapat memenuhi kebutuhan para pengguna. Dalam penelitian ini, akan digunakan model analisis Framework COBIT. COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) adalah salah satu alat dalam pengukuran IT Governance. COBIT memiliki 4 domain, yaitu Rencana dan Organisasi (PO), Akuisisi dan Implementasi (AI), Pengiriman dan Dukungan (DS), dan Monitoring dan Evaluasi (ME). Penelitian ini dilakukan untuk domain Deliver and Support pada proses Menetapkan dan Mengelola Mutu Layanan (DS1). Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat kematangan (Maturity Level) layanan Transportasi online berada pada tingkat 3. Ini berarti bahwa tingkat kematangan saat ini berada pada  tingkat yang diharapkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk evaluasi dan pengembangan Layanan Transportasi Online berdasarkan tingkat kepuasan pengguna.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


rens Alvin, J. . (2003). Auditing Edisi Indonesia. New Jersey: Prentice.

Institute, I. G. (2009). ISACA. CISA Review Manual, 20–30.

Institute, I.G. (2007). ISACA. COBIT 4.1., 15–20.

Institute, IT Governence. (2007). COBIT ver 4.1: Framework, Contol Objectives, Management Guidelines Maturity Models. Rolling Meadow.

Pratama, A. H. (2015). Kilas Balik Perkembangan Ojek Online di

Indonesia Sepanjang 2015. Retrieved from https://id.techinasia.com/kilas-balik-ojek-online-2015 website: https://id.techinasia.com/kilas-balik-ojek-online-2015

Rachmatsyah, A. D. (2018). Pengembangan Aplikasi Aok-Jek Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 4.1 Untuk Meningkatkan Pelayanan Terhadap Pelanggan. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 5(1), 24–35. https://doi.org/10.35957/jatisi.v5i1.111

Sekaran. (2000). Research Methods For Business, A Skill Building Approach (3rd ed.). John Wiley & Sons Inc.

Swastika, I. P. A., & Putra, I. G. L. A. R. (2016). Audit Sistem Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi. Yogyakarata: Andi.

Taqiya, N. A., Mukaromah, S., & Pratama, A. (2020). Perancangan Perangkat Pengukuran Tingkat Kematangan Business Goal 14 Framework Cobit 4.1. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 1(1), 206–214.

Weber, R. (1999). Information System Control and Audit. Prentice Hall: Upper Saddle River.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i1.12807

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License