Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Program Studi Periklanan Dalam Matakuliah Komputer Desain Grafis I

Jusuf Fadilah, Dina Andriana, Widarti Widarti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa sajakah yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam matakuliah Komputer Desain Grafis I. Faktor minat mahasiswa didasarkan pada faktor Internal yakni 1) rasa tertarik, 2) perhatian, 3) prilaku, dan Faktor Eksternal yakni 1) fasilitas dan 2) peran dosen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Subyek dalam penelitian ini, yaitu mahasiswa UBSI Program Studi Periklanan angkatan 2018-2019 berjumlah 100 orang, dengan instrumen yang digunakan berupa angket. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Dalam Uji validitas menghasilkan koefisien sebesar 0,897 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,765. Dalam menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa program studi Periklanan dalam matakuliah Komputer Desain Grafis I yaitu faktor eksternal sebesar 59% lebih tinggi dari faktor internal yaitu sebesar 41%. Sedangkan dari data perfaktor, faktor peran dosen berada lebih tinggi yakni sebesar 31%, diikuti faktor fasilitas 28%, faktor rasa tertarik sebesar 15%, faktor prilaku sebesar 15% dan faktor perhatian lebih rendah yakni sebesar 11%.


Kata Kunci


Periklanan, Komputer Desain Grafis I

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abror, A. R. (1993). Psikologi Pendidikan (Cetakan Ke). Yogyakarta: P.T. Tiara Wacana Yogya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarto. (2007). Minat Siswa Kelas Atas SDN Cangkringan Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Tenis Meja Tahun Pelajaran 2007/2008. FIK Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Hadi, S. (1991). Analisis Butir Untuk Instrumen Skala BASICA. Yogyakarta: Andi Offset.

Haditono, S. R. (2007). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak, Jilid 2 (Edisi Keen). Jakarta: P.T Erlangga.

Mappiare, A. (1994). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Periklanan, P. (2017). Dokumen Kurikulum 2017. Jakarta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (22nd editi). Bandung: CV Alfabeta.

Sujanto, A. (2008). Psikologi Umum. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto, B. (1988). Dasar-dasar Psikologi Untuk Pendidikan Di Sekolah. Jogjakarta: P.T Prima Karya.

Zakaria. (2020). Adobe Photoshop CS6. Retrieved from https://www.nesabamedia.com/download-adobe-photoshop-cs6/




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v7i2.8939

ISSN: 2549-3299

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License