Sistem Informasi Survei Kepuasan Pelanggan Berbasis Web Pada PT. Usaha Saudara Mandiri Tangerang

Hernawati Hernawati, Ahmad Yani

Sari


PT. Usaha Saudara Mandiri (USM) adalah perusahaan Design & Manufacturer of Heating Equipment yang dikenal dengan United Heater. USM saat ini telah memiliki 1 pabrik utama yang berada di Tangerang dan memiliki cabang kantor marketing sebanyak 9 distrik. Bagian Customer Service USM (CS USM) selain menangani permasalahan internal maupun external, per 6 bulan sekali dalam setahun mensurvei kepuasan pelanggan untuk mengukur dan melacak kepuasan pelanggan dengan menggunakan form kuesioner. Tugas Customer Service memberikan kualitas pelayanan untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Dimana nantinya perusahaan akan dengan mudah mensiasatinya. Kepuasan pelanggan adalah nyawa bagi bisnis perusahaan. Dalam proses bisnisnya, Customer Service USM melakukan pencatatan setiap kali survei kepuasan pelanggan melalui follow up by phone dengan mengisi form kuesioner secara manual kemudian diinput mengunakan Microsoft Excel untuk laporan. Setelah di teliti oleh Customer Service USM mengalami problem di penumpukan form survei, data pelanggan belum terupdate dengan baik dan internal distrik belum dapat menerima informasi dengan mudah. Dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall maka rancangan Sistem Informasi Kepuasan Pelanggan Berbasis Web dapat menyimpan, menulis, menganalisis, mengelola data survei secara efektif dan efisien, dan hasil laporan berupa visualisasi grafik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryani, Dwi., Rosinta, Febriana. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, XVII (2): 114-126.

Buani, Duwi Cahya Putri. (2017). Perancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Studi Kasus: Koperasi SMK 18 LPPM RI Sidareja Cilacap. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, III (1): 133-138.

Dennis, Alan., Wixom, Barbara Haley., & Roth, Roberta M. (2009). System Analysis and Design Fourth Edition. United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Firmansyah, Yoki., Udi. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, IV (1): 184-191.

Hidayati, Nur. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, III (1): 1-10.

Kendall, Kenneth E., Kendall, Julie E., (2011). Systems Analysis and Design Eighth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Larasati, Hilari., Masripah, Siti. (2017). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian GRC Dengan Metode Waterfall. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XIII (2): 193-198.

Nugraha, Wahyu., Syarif, Muhamad., Dharmawan, Weiskhy Steven. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Destop. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), III (1): 23-29.

Rohaeni, Heni., Marwa, Nisa. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ecodemica, II (2): 312-318.

Sasmito, Ginanjar Wiro. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Pengembangan IT (JPIT) , II (1): 6-12.

Sommerville, Ian. (2007). Software Engineering Eighth Edition. England: Pearson Education Limited.

Yuliarmi, Ni Nyoman., Riyasa, putu. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan PDAM Kota Denpasar. Buletin Studi Ekonomi, XII (1): 9-28.

Yulianto, Susilo Veri., Atmaja, Ardian Prima. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Web dengan SDLC Waterfall. Jurnal Sisfo, VII (2): 149-164.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.