Implementasi High Availibility Virtualisasi Server Menggunakan Vmware Esxi Pada PT. Grup Riset Potensial

Agus Erlianto, Hendra Supendar, Taransa Agasya Tutupoly

Sari


High availibility server merupakan Teknologi komputer yang memanfaatkan dua atau banyak komputer, dimana sistem komputer akan berjalan terus karena sumber daya komputer  server tersebut dapat menggantikan komputer server lain yang mengalami gangguan, Teknologi ini tidak lain digunakan untuk mengantisipasi kegagalan pada komputer server yang dapat mengganggu   kinerja   sistem.

Pada saat ini kasus serupa terjadi di PT Grup Riset Potensial yang hanya memiliki satu server virtual machine dan  belum memiliki konsep High availibility dimana server yang menjadi akses para klien pun akan terhambat bilamana komputer server mengalami gangguan dan pekerjaan pun harus terhenti hingga komputer server tersebut selesai diperbaiki, sehingga PT Grup Riset Potensial  harus mencari solusi untuk permasalahan tersebut.   High-availability Clusters, yang juga disebut failover cluster pada umumnya diimplementasikan untuk tujuan meningkatan ketersediaan layanan yang disediakan oleh kluster. Elemen kluster memiliki node-node redundan yang akan digunakan untuk menyediakan layanan ketika salah satu komponen mengalami kegagalan. (Rosalia et al., 2016)

Prinsip kerja high availability cluster ketika server utama gagal menyediakan layanan service, maka server yang lain yang sudah ter-cluster akan menggantikan tugas dari server utama tersebut secara otomatis. Dengan demikian, dengan adanya high avalibilty maka akan mengatasi permasalahan tersebut, khususnya di dalam meningkatkan ketersediaan data. (Arta, 2016)

Konsep high availability dibangun untuk sistem yang memiliki tingkat toleransi kesalahan yang tinggi atau safety-critical. Layanan yang disediakan bersifat sangat penting, sehingga apabila terjadi kerusakan tidak akan menghentikan proses dalam sistem. (Mulyanto & Ashari, 2016)

Penulis  akan mencoba mengimplementasikan  High Availability server menggunakan Vmware ESXI, membahas bagaimana menggunakan dua server aktif-aktif,  Sistem  ini kemudian akan dianalisa dengan  melakukan     pengujian   untuk mengetahui    tingkat availability. Dengan adanya konsep High Availibility ini Penulis harapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi kegagalan server ketika terjadi gangguan.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.