Perancangan Alat Sistem Keamanan Kendaraan Motor Menggunakan RFID Berbasis Arduino Uno

Eva Rahmawati, Muchamad Fachruzi Riyandi, Septian Hendi Prasetyo, Muhammad Farhan, Farhanul Qiram, Nanang Nuryadi

Sari


Service bengkel merupakan bengkel yang bergerak dalam bidang perawatan / pemeliharaan kendaraan sepeda motor. Kendala yang dihadapi Mitra bengkel terhadap kendaraan customernya adalah keamanan pada kendaraan itu sendiri. Peningkatan tindak kriminalitas, khususnya pencurian kendaraan bermotor roda dua sekarang ini, bukanlah hal yang mengherankan apabila semakin hari manusia menginginkan suatu sistem keamanan sepeda motor yang modern dan efektif. Ardiuno merupakan salah satu teknologi dimana hampir setiap masyarakat dapat dengan mudah memperoleh barang tersebut di toko terdekat .Teknologi Ardiuno UNO khususnya RFID dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan, salah satunya sebagai sistem keamanan sepeda motor. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pengaman kendaraan bermotor guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diingkan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang memiliki kendaraan khususnya kendaraan bermotor. Hasil Output adalah menghasilkan alat yang dapat digunakan untuk mengurangi tindakan kriminalitas khususnya pada pencurian kendaraan bermotor.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Choudhuri, K. B. R. (2017). Learn Arduino Prototyping in 10 days. Mumbai: Birmingham Mumbai: Packt Publishing Ltd.

Hermawansyah, J. A. L. N. Z. (2016). Perancangan Murottal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560. Jurnal Media Infotama, 12(1), 89–98.

Maniah. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Sleman: CV. Budi Utama.

mengenal komponen pada papan arduino uno. (2020). Retrieved April 7, 2020, from https://webagus.id/mengenal-komponen-pada-papan-arduino-uno/

Sompie, S. J. S. D. J. M. M. E. S. R. U. A. (2016). Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. 5(3).

Sulistyo, D. N. (2017). Rancang Bangun Prototype Open Doorlock Menggunakan RFID Berbasis Arduino Mega 2560 (Studi Kasus Pada STMIK Bina Sarana Global). Tangerang: STMIK Bina Sarana Global.

Wasista, D. A. S. S. S. (2019). 19 Jam Belajar Cepat Arduino: Edisi Revisi. Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.