Perancangan Alat Pengontrol pH Air Untuk Tanaman Hidroponik Berbasis Arduino Uno

Elly Mufida, Rian Septian Anwar, Rivai Abdul Khodir, Indri Prihan Rosmawati

Sari


Abstrak – Pada perkembangan di zaman yang serba modern ini, menanam tanaman tidak lagi harus menggunakan media tanah. Salah satu teknik bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah adalah hidroponik. Hidroponik adalah bercocok tanam tanpa media tanah, melainkan dengan media air bernutrisi dan cahaya. Budi daya tanaman hidroponik ini bisa dilakukan dipekarangan rumah bagi yang mempunyai lahan sempit. Tanaman Hidroponik memerlukan sinar matahari agar tanaman dapat berfotosintesis dan juga air bernutrisi yang terus bersirkulasi melewati akar tanaman agar tanaman tumbuh sewajarnya. agar tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan maksimal, maka perlu dijaga kadar nutrisi air. Untuk itu pada penelitian ini dibuat suatu alat yang dapat membantu user untuk mengontrol kadar nutrisi pada air secara otomatis. Proses pengontrolan alat otomatis ini menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno dan sensor pH 4502c. Sensor pH berfungsi untuk mendekteksi pH air bernutrisi yang akan diberikan ke tanaman hidroponik. pH air yang diinginkan untuk tanaman hidroponik pada alat ini berada pada range 5.5 sampai 6.5. Hasil output adalah menggunakan buzzwer dan relay yang selanjutnya akan menggerakkan pompa air secara otomatis.

 

Katakunci: Tanaman Hidroponik. Arduino Uno. Alat pengendali otomatis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, F. B., Muslim, M. A., & Purwanto, P. (2016). Pengontrolan Nutrisi pada Sistem Tomat Hidroponik Menggunakan Kontroler PID. Jurnal EECCIS, 10(1), 20–25.

Choudhuri, K. B. R. (2017). Learn Arduino Prototyping In 10 Days (First). Birmingham Mumbai: Packt Publishing Ltd.

Dzikriansyah, F. F., Hudaya, R., & Nurhaeti, C. W. (2017). Sistem Kendali Berbasis PID untuk Nutrisi Tanaman Hidroponik. Industrial Research Workshop and National Seminar, 621–626. Opgehaal van http://irwns.polban.ac.id/

Fakhruzzaini, M., & Aprilianto, H. (2017). Sistem Otomatisasi Pengontrolan Volume Dan PH Air Pada Hidroponik. Jutisi, 6, 1335–1344.

Helmy, H., Rahmawati, A., Ramadhan, S., Setyawan, T. A., & Nursyahid, A. (2018). Pemantauan dan Pengendalian Kepekatan Larutan Nutrisi Hidroponik Berbasis Jaringan Sensor Nirkabel. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 7(4). https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i4.456

Ibadarrohman, Salahuddin, N. S., & Kowanda, A. (2018). Sistem Kontrol dan Monitoring Hidroponik berbasis Android. STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang, 8–9.

Mujadin, A., Astharini, D., & Octarina, N. S. (2017). Prototipe Pengendalian pH dan Elektro Konduktivitas Pada Cairan Nutrisi Tanaman Hidroponik. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, 4(1), 2–7.

Nugraha, Y. Ek., Irawan, B., & Saputra, R. E. (2017). Pengembangan Sistem Otomatisasi Pengendaluan Nutrisi Pada Hidroponik Menggunakan Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining. e-Proceeding of Engineering, 4(2), 2199–2206.

Rozaq, I. A., Yulita, N., Setyaningsih, D., & Kunci, K. (2018). Karakterisasi dan kalibarasi sensor ph menggunakan arduino uno, 244–247.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.