ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PENGGUNA E-LEARNING MENGGUNAKAN END USER COMPUTING SATISFICATION

Devi Angelina Simaremare

Sari


Interaksi manusia komputer (HCI) adalah bidang lintas disiplin (misalnya, teknik, psikologi, ergonomi, desain) yang berkaitan dengan teori, desain, implementasi, dan evaluasi cara-cara yang digunakan manusia dan berinteraksi dengan perangkat komputasi. Hal inilah yang membuat penelitian tertarik untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pengguna e-larning terutama bagi mahasiswa. Sebuah web elearning dikatakan baik apa bila user (pemakai) merasa puas dengan web elearning, baik dari sisi tampilan maupun isi. Peneliti melakukan penelitian di Universitas Katolik Atma Jaya memiliki web elearning. Dengan tujuan peneliti mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa pengguna elearning di universitas katolik atma jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah end user computing satisficati (EUCS). EUCS sendiri terdiri dari lima variable yaitu, Konten, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness. Respoden dalam penelitian ini hanya mahsiswa aktif angkatan 2019 di Falkutas Kedokteran Atma Jaya, yaitu sebanyak 133 mahasiswa sebagai responden . Hasil penelitian ini sebagai masukan bagi Universitas Katolik Atma Jaya dan untuk lima(5)variabel yang ada masih harus dan terus ditingkatkan lagi. Tingkat kepuasan pengguna akan mempengaruhi kesuksesan dalam penerapan elearning. Dan dalam hasil penelitian ini dihasilkan bahwa masiswa di falkutas kedokteran Unika Atma Jaya, sudah puas dilihat dari sisi konten, Accuracy, Format, Ease Of Use.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bora, M Ansyar, Program Studi, Teknik Industri, and Model Pembelajaran. 2017. “Analisa Kepuasan Penggunaan E-Learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik ( STT ) Ibnu Sina Batam.” 1(1): 55–62.

Erlika, Yeni, Freddy Kurnia Wijaya, and Rusmala Santi. 2017. “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Simak Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (UIN Raden Fatah Palembang).” Jusifo (Jurnal Sistem Informasi) 3(1): 29–40.

Ismail, Fajri. 2018. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Sosial. ed. Dr.Hj. Mardiah Astuti M.Pd.I. Jakarta: PRENADAMEDIA GRUOP.

Marlindawati, M., and P. Indriani. 2016. “PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING DENGAN PENERAPAN MODEL END USING COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Studi Kasus: Universitas Bina Darma Dan STMIK MDP).” Jurnal Ilmiah Matrik: 55–66.

Payadnya, Putu Ade Andre, and Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Purwandani, Indah. 2018. “Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna Elearning Dengan Menggunakan End User Computing (EUC) Satisfaction Studi Kasus: Akademi Bina Sarana Informatika.” Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT: 112–17.

Saputra, Arif, and Denny Kurniadi. 2019. “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs.” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika 7(3): 58–66.

Tajuddin, Muhammad. 2015. Sistem Informasi Perguruan Tinggi Untuk Mencapai Good University Governance (Sebuah Pendekatan Teoritis Dan Penerapan). Pertama. Yogyakarta: Grub Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Untari, Tyas Dhian. 2018. METODOLOGI PENELITIAN: Penelitian Kontemporer Bidang Ekonomi Dan Bisnis. 1(Pertama). Purwokerto: CV. Pena Persada Redaksi.

Wana, Fiska, and Leon Andretti Abdillah. 2014. “Bina Darma Conference on Computer Science UNIVERSITAS BINA DARMA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION ( EUCS ) Bina Darma Conference on Computer Science.” : 2222–31.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9257

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9257.g4562

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License