SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMK TANJUNG PRIOK 1 JAKARTA

Rifky Permana, Tika Adilah Mutiara

Sari


Teknologi sistem informasi di era saat ini berkembang sangat pesat, maka setiap orang dituntut untuk dapat menyajikan sistem informasi dengan cepat dan akurat dalam dunia kerja. Dalam hal ini komputer mempunyai peranan yang sangat penting, karena komputer merupakan salah satu media yang paling tepat untuk mempermudah pekerjaan dan dapat menyajikan informasi dengan cepat dan akurat. Begitu juga dengan Sistem Informasi Akademik, diharapkan dapat menyediakan program aplikasi yang tepat, cepat dan akurat dalam mengolah berbagai proses akademik. Sistem Informasi Akademik merupakan aplikasi dalam membantu proses dunia pendidikan. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah selain untuk membuat skripsi, juga untuk membantu pemecahan masalah yang banyak terjadi pada sekolah sekolah. Kasus yang sering terjadi pada sekolah adalah masalah penanganan pengolahan data akademik. Pencarian data dan penyimpanan data. Semakin tingginya frekuensi akademik semakin meningkat pula kebutuhan pengolahan data. Maka dari itu, perancangan program yang dibuat ini dimaksudkan untuk membantu serta meringankan permasalahan yang dihadapi oleh sekolah. Karena perancangan aplikasi ini lebih efektif dan efisien dibandingkan pencatatan yang masih manual. Setelah aplikasi ini siap dan segera diimplementasikan pada SMK Tanjung Priok 1, tentu saja akan berdampak positif dalam pengelolaan dan pengolahan data akademik dimasa yang akan datang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fowler, M. (2005). Panduan Singkat Tentang Bahasa Pemodelan Objek Standar. Yogyakarta: Andi.

Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika, IV(June), 126–138. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1264/1029

Kristanto, A. (2008). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Kurniadi, A. (2004). Pemrograman Microsoft Visual Basic 6. Jakarta: Gramedia Jakarta.

Ladjamuddin, A. B. Bin. (2013). Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi KONSEP & APLIKASI. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Setiyawan, A., Purnama, B. E., & Sukadi. (2013). PEMBUATAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 NGADIROJO Andri Setiyawan, Bambang Eka Purnama, Sukadi. Sistem Informasi Akademik Berbasis Web, 3, 1–5.

Sugiarti, D., & Wardati, I. U. (2012). Sistem Informasi Akademik Sekolah Dasar Al-Muhajirin Barehan Sidoharjo Pacitan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(1), 18–27.

Wardani, S. K. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Pgri 1 Pacitan. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, 2(4), 12–19.

Widhiarso, Y., & Riasti, B. K. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Nilai Akademik Dan Prepensi Siswa Berbasis SMS Gateway Pada SDN Tulukan III. IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security, 2(Laporan), 1–6.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9238

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9238.g4558

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License