SISTEM PAKAR PENENTUAN PENYAKIT POLIP HIDUNG DENGAN RINOSINUSITIS MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES BERBASIS ANDROID

Muhamad Nanda

Sari


Polip Hidung adalah pertumbuhan sel atau jaringan abnormal secara lunak pada hidung dan Rinosinusitis merupakan suatu kondisi peradangan hidung dan sinus paranasal. Dua penyakit ini sering disalah artikan karena keduanya merupakan penyakit yang sering tumbuh di dalam hidung. Sistem pakar merupakan sistem yang mengambil pengetahuan manusia ke dalam komputer, kemudian dapat menyelesaikan masalah seperti orang yang ahli dalam bidangnya. Penerapan sistem pakar dalam bidang kedokteran dapat membantu para dokter untuk memudahkan dalam mendiagnosa penyakit. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membuat sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat mendiagnosa penyakit Polip Hidung dengan Rinosinusitis. Aplikasi sistem pakar ini menggunakan metode Naïve Bayes dengan menghitung jumlah kejadian suatu penyakit dengan menggunakan gejala-gejala yang timbul. Sistem aplikasi ini akan memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang gejala yang dialami oleh pasien. Setelah pasien menjawab semua pertanyaan yang diberikan, hasil diagnosa akan muncul dan menampilkan penyakit mana yang diderita oleh pasien. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pakar untuk melakukan diagnosa penentuan penyakit Polip Hidung dengan Rinosinusitis dengan memanfaatkan ilmu teknologi sebagai alat bantu untuk mendiagnosa penyakit.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianti, K. 2020. Hidung Sering Tersumbat, Benarkah Merupakan Gejala Awal Penyakit Polip Hidung? Diambil dari https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/penyakit/penyakit-polip-hidung/.

Arif, Firman. 2019. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

B. Herawan Hayadi. 2018. Sistem Pakar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

El Hakim, Nurul Hidayat dan Ratih Kartika Dewi. 2018. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Telinga Hidung Tenggorokan Menggunakan Metode Naïve Bayes Berbasis Android. Diambil dari: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1227/.

Fanny, N.A. Hasibuan dan E. Buulolo. Q. 2017. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penulusuran Forward Chaining. Diambil dari: https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/mib/article/view/316/267/.

Fazry, Lhuqita. 2017. Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula. Diambil dari: https://www.scribd.com/document/357903498/Membuat-Aplikasi-Android-Dengan-Android-Studio/.

Hamsyah, Resa Septrian. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Go-ban untuk Mencari dan Memanggil Teknisi Tambal Ban Menggunakan Google Maps API. Diambil dari: https://core.ac.uk/download/pdf/151573741.pdf/.

Husni, Teuku. 2015. Diagnosis dan Penanganan Rinosinusitis. Diambil dari: http://conference.unsyiah.ac.id/TIFK/1/paper/viewFile/783/78/.

Jusnita. 2018. Desain Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Contoh Lengkap. Diambil dari: http://sosiologis.com/desain-penelitian/.

Kesuma, Eko Hadi. 2019. Tutorial Lengkap Belajar Android. Diambil dari: https://www.scribd.com/document/425590543/Tutorial-Lengkap-Belajar-Android/.

Pratiwi, Heny. 2019. Buku Ajar: Sistem Pakar. Kuningan: Goresan Pena.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9050

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9050.g4548

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License