PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN KEPRAMUKAAN DENGAN METODE WATERFALL BERBASIS ANDROID

Serlyn Febrianti, Fitri Latifah, Taufik Asra

Sari


Pramuka salah satu Pendidikan non formal yang bertujuan untuk meningkatkan nilai etika, akhlak mulia, pengendalian diri serta potensi diri yang diterapkan dalam Undang-Undang Gerakan Pramuka No.12 Tahun 2010. Saat ini extrakulikuler kepramukaan sudah menjadi materi wajib disetiap seluruh sekolah dasar, menengah pertama maupun menengah atas. Dengan aplikasi android siswa dapat dengan mudah mempelajari materi kepramukaan dimanapun dan kapanpun, dengan aplikasi ini siswa lebih semangat untuk belajar karena disertai dengan vidio dan materi pembelajaran yang menarik, dan juga siswa tidak perlu membeli ataupun membawa buku saku pramuka. Metode penelitian yang digunakan terbagi menjadi beberapa tahap yaitu pengumpulan data, perancangan, pembuatan, dan tahap uji coba. Dengan adanya aplikasi pengenalan kepramukaan berbasis android ini, maka bisa diambil kesimpulan bahwa metode pembelajaran dengan menggunakan alat bantu dapat meningkatkan minat siswa mengikuti kegiatan dan lebih mengenal kepramukaan.

 

Kata Kunci: Android, Pramuka, Algoritma Sequensial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI.

Ali, J. T. (2016). Perancangan Game Edukasi Android. 1(1), 1–8.

Andi Juansyah. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8. Retrieved from elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375

Arifin, M., & Hs, R. H. H. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PUSAT KARIR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN RELEVANSI ANTARA LULUSAN DENGAN DUNIA KERJA MENGGUNAKAN UML Muhammad. IC-Tech, XII(2), 42–49.

Brucles, L. D., Kurniawan, R., & Adrianto, S. (2017). Aplikasi Panduan Praktis Obat Herbal untuk Penyakit dalam Berbasis Platform Android. Informatika, 9(2), 40–46.

Cholifah, W. N., Yulianingsih, Y., & Sagita, S. M. (2018). Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 3(2), 206. https://doi.org/10.30998/string.v3i2.3048

Djafar, I. (2016). Perancangan Aplikasi Doa Dan Wirid. 6–7.

Haryati, S., Sudarsono, A., & Suryana, E. (2015). Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu). Jurnal Media Infotama, 11(2), 130–138.

Hidayat, Aziz Setyawan, Wandy Ubleeuw, A. F. dan P. M. A. (2019). Sistem Pengolahan Data Nilai Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Pertama. 5(2), 13–23.

Joko Sudrajad. (2010). Hubungan Nilai-nilai Kepramukaan, karakter disiplin dan kerja keras terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran produktif di SMK PGRI 1 Ngawi. 1–10.

Kuliah, M., Asean, S., Asmi, A. R., Novemy, A., Surbakti, D., & Hasan, Y. (2019). Pengembangan Model Mobile Learning Berbasis Aplikasi Android pada. 5(1), 30–40.

Mohidin, I., Mamase, S., & Kai, A. (2019). Aplikasi Buku Saku Pramuka Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30869/jtii.v1i1.292

Nuraini, R. (2015). Desain Algorithma Operasi Perkalian Matriks Menggunakan Metode Flowchart. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, 1(1), 146. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/245

Purba, A. R., & Ginting, G. L. (2018). Implementasi Algoritma String Matching pada Pencarian Arti Istilah-Istilah Pramuka Berbasis Mobile. Pelita Informatika Budi Darma, 17(April), 128–132.

Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan SistemInformasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. Jurnal TEKNOIF (Teknik Informatika), 7(1), 32–39.

Rizal, M., & Latifah, F. (2017). Perancangan Aplikasi Lokasi Wisata Kota Jakarta Menggunakan Algoritma Sequential Search Berbasis Android. In None (Vol. 13).

Widyaningsih, P., & Indah, R. P. (2017). APLIKASI BUKU DIGITAL ATRAKTIF UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERBASIS FUN LEARNING MANAGEMENT DENGAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN ( STUDI KASUS : MATAKULIAH ALGORITMA ). 7(2), 59–64.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7806

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v2i1.7806.g4103

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License