SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS BERBASIS WEB PADA PUSKESMAS RASAU JAYA PONTIANAK MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL 5.6

Lady Agustin Fitriana, Abdul Latif, Ali Mustopa, Ahmad Fachrurozi

Sari


Era komputerisasi saat ini membuat dunia kesehatan memanfaatkan teknologi untuk kegiatan yang ada di rumah sakit maupun puskesmas. Namun pada sistem rekam medis yang sedang berjalan dipuskesmas terdapat kekurangan yang menghambat proses rekam medis dibagian pelaporan kunjungan terbanyak menggunakan perhitungan data-data secara langsung dengan melihat data sebelumnya yang sudah dicetak dan penyimpanan identitas pasien dicetak dan diarsipkan kedalam folder. Maka diperlukanlah sistem yang dapat memudahkan agar keakuratan data lebih terjamin dan adanya sistem maka pelayanan menjadi lebih efektif. Dalam pembuatan rekam medis ini, penulis menggunakan framework laravel yang memudahkan programmer dalam membuat dan mengembangkan aplikasi karena memiliki fungsi-fungsi yang sudah di organisasikan untuk membuat program dengan cepat. Buku yang berjudul “Sistem Informasi Rekam Medis (SIRAM) dengan LARAVEL 5.6” ini menjelaskan langkah membuat aplikasi,dimulai dari analisis kebutuhan, rancangan diagramnya seperti use case, activity diagram, ERD dan LRS, class diagram, sequence diagram, serta rancangan lengkap aplikasi seperti rancangan form master, pengolahan rekam medis dan laporan. Buku ini juga membuat kebutuhan dari pengguna aplikasi rekam medis dimana penggunanya terdapat beberapa user yang dapat menjalankan fungsi-fungsi sesuai dengan kebutuhannya.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulloh, Rohi, 2017,Membuat Aplikasi Point of Sale dengan Laravel dan AJAX,Jakarta:PT Elex Media Komputindo. Diambil dari:

https://play.google.com/store/books/details/Rohi_Abdulloh_Membuat_Aplikasi_Point_of_Sale_denga?id=nURGDwAAQBAJ

Aminuddin. 2015. Cara Efektif Belajar Framework Laravel, Yogyakarta:CV Lokomedia.

E.Aranita, B. S. (n.d.). PEMBUATAN APLIAKSI SISTEM INFORMASI PADA PUSKESMAS BERBASIS INTRANET/INTERNET. PEMBUATAN APLIAKSI SISTEM INFORMASI PADA PUSKESMAS BERBASIS INTRANET/INTERNET.

Faruq, U. Al. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Rekam Medis Poliklinik Universitas Trilogi. Jurnal Informatika, 9(1), 1017–1027.

Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERMINTAAN ATK BERBASIS INTRANET (STUDI KASUS: KEJAKSAAN NEGERI RANGKASBITUNG). JURNAL KHATULISTIWA INFORMATIKA, IV(2), 126–138.

I.Setiadi, A.Kusumo, B.Lubis, A. S. (2013). Perancangan Sisteminformasi Komunitas Gamebattlefield Berbasisweb, 164–170

J.S.Pasaribu. (n.d.). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK YII DI KLINIK SEHAT MARGASARI BANDUNG, 1(1), 46–63.

Setyawan, E., & Purnama, B. E. (2017). Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Pacitan. Ijns, 4(3), 20–24. Retrieved from file:///C:/Users/JOIN/Downloads/250-489-1-SM.pdf

Sommerville, I. (2017). Software Engineering. London: Addison-Wesley.

Triyono, Liliek. 2016. Sistem Informasi Akademik Kampus Berbasis Web dengan Laravel 5. Yogyakarta: CV Lokomedia.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7117

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7117.g3783

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License