SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SUMBANGAN PARTISIPASI PENDIDIKAN TERINTEGRASI SMS GATEWAY
Sari
Perkembangan teknologi informasi sangat berperan di dunia pendidikan, bahkan bisa menjadi tolak ukur dalam menentukan kualitas suatu pendidikan, mulai dari proses kegiatan pembelajaran hingga pengelolaan informasi manajemen sekolah untuk mendukung proses pendidikan. Di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama , proses pencatatan pembayaran biaya Sumbangan Partisipasi Pendidikan (SPP) masih dilakukan manual, tentu saja hal ini tidak efisien karena akan membutuhkan waktu yang lama apabila ada banyak siswa yaang akan membayarnya. Dalam proses pembuatan laporan, petugas harus merekap ulang setiap bulannya dan diberikan kepada kepala sekolah. Terlebih masih saja ada siswa yang tidak jujur dengan tidak membayarkan uang yang telah diberikan orangtuanya untuk membayar SPP. Tujuan dari penulisan ini yaitu merancang sebuah sistem informasi pembayaran SPP terintegrasi SMS Gateway, dengan tujuan memecahkan masalah tersebut. Metode yang digunakan adalah metode waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunaknya. Hasil dari penelitian yag dilakukan yakni, menciptakan sistem informasi pembayaran SPP yang sudah terkomputerisasi dan terintegrasi SMS Gateway, dimana nantinya pencatatan laporan bisa dilakukan secara cepat, tidak akan ada lagi siswa yang tidak membayarkan biaya SPPnya, laporan SMS akan terkirim langsung kepada oranguta siswa setiap melakukan pembayaran SPP.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bayu, I. G. N. A. (2017). ANALISIS WACANA KRITIS TENTANG ISU REKLAMASI TELUK BENOA DALAM WEBSITE BALITRIBUNNNEWS.COM.
Pressman, R. (2015). Software Engineering Seventh Edition, 9–38. Retrieved from http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2014-2-01054-MTIF Bab2001.pdf
Setiawan, R. (2018). Metodologi Penelitian Teknologi Informasi. (S. Rizky Wicaksono, Ed.). Malang: CV. Seribu Bintang.
DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7100
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v1i2.7100.g3780
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.