Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Alpukat Betawi Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Sayid Ghiazzuddin Ahmad, Tika Adilah M

Sari


Layanan administrasi dan informasi secara daring telah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan bagi masyarakat perkotaan, termasuk warga DKI Jakarta. Kemajuan teknologi memberikan peluang besar untuk menyediakan akses yang lebih cepat, efisien, dan mudah terhadap layanan administrasi publik. Alpukat Betawi merupakan salah satu bentuk akses langsung kepada warga DKI Jakarta untuk mengajukan pelayanan administrasi kependudukan. Dalam proses penerapannya, masih terdapat berbagai permasalahan dan hambatan yang muncul. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah analisa lebih lanjut untuk mengkaji ulang bagaimana aplikasi Alpukat Betawi dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Pendekatan ini digunakan untuk memperoleh pemahaman yang obyektif dan mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi alpukat betawi menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) diperoleh nilai signifikan hasil uji F sebesar 0,000. Oleh karena nilai signifikan hasil uji simultan 0,05 maka Ho ditolak dan disimpulkan bahwa Content (X1), Accuracy (X2), Format (X3), Ease of use (X4), Timeliness (X5) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna apikasi Alpukat Betawi (Y). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Content berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Alpukat Betawi. Accuracy berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Alpukat Betawi, Format berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Alpukat Betawi, Ease of Use berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Alpukat Betawi. Timeliness tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pengguna aplikasi Alpukat Betawi.Content, Accuracy, Format, Ease of Use dan Timeliness secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Antoni, D., Herdiansyah, M. I., Akbar, M., & Sumitro, A. (2021). Pengembangan Infrastruktur Jaringan Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Palembang. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(4), 1652. https://doi.org/10.30865/mib.v5i4.3318

Darwati, L. (2022). ANALISIS PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI OVO MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (Vol. 12, Issue 2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/index

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (2022, March 17). Alpukat merupakan singkatan dari akses langsung pelayanan dokumen kependudukan cepat dan akurat. . Https://Jakarta.Go.Id/Alpukat-Betawi.

Gunawan, D., Suyanto, M., & Henderi. (2020). Pengukuran Kepuasan Pengguna Aplikasi Secure System Of Payment (SSP) Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Informasi, 14(1), 50–58.

Herlina, L., & Santoso, T. (2022). EFEKTIFITAS APLIKASI ALPUKAT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK SELAMA PANDEMI COVID 19 PADA KANTOR KELURAHAN JATIPULO TAHUN 2022. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(3), 298–306.

Mokobombang, W., Syafaruddin, Syafaruddin, A. R. A., Khaeriyah4, & Natsir, N. (2023). Dampak Perubahan Layanan Publik Yang Disebabkan Oleh Teknologi Dan Media Sosial . Journal of Business Finance and Economic (JBFE), 4(1), 348–359.

Nurul, S., Anggrainy, S., & Aprelyani, S. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keamanan Sistem Informasi: Keamanan Informasi, Teknologi Informasi Dan Network (Literature Review Sim). JEMSI, 3(5), 564–573.

Pujana, G., Made Ardwi Pradnyana, I., Ketut Resika Artha, I., Kunci, K., Pengguna, K., & Negeri, S. (2023). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-RAPOR MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI SMP NEGERI 1 SUKASADA. In Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) (Vol. 12, Issue 1). http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/

Rahman, M. F., Azani, S. S., & Rengganis, G. P. (2022). INOVASI APLIKASI ALPUKAT BETAWI DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI DKI JAKARTA. JURNAL ILMU SOSIAL, PENDIDIKAN DAN HUMANIORA, 1(2), 19–32.

Rahmawita, M., Maita, I., & Saputra, E. (2022). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA DENGAN METODE EUCS DALAM PENGGUNAAN SIASY FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 8(2), 201–209.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v7i1.26188

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License