Evaluasi Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PENEBAR) TK. Anak Bangsa Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)

Kusmayanti Solecha, Oky Irnawati, Yoseph Tajul Arifin

Sari


Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PENEBAR) adalah aplikasi yang diperuntukan bagi TK. Anak Bangsa untuk mengelola sistem penerimaan siswa baru secara terkomputerisasi. Aplikasi ini merupakan hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat pendanaan yayasan pada tahun 2023 yang diadopsi oleh mitra dan diimplementasikan pada tahun 2024. Dalam tahap selanjutnya diperlukan evaluasi mengenai aplikasi ini untuk dapat diperoleh informasi mengenai pengalaman pengguna. Informasi pengalaman penggunaan aplikasi dapat menangkap data mengenai kelebihan dan kekurangan pada aplikasi untuk pengembangan aplikasi selanjutnya. User Experience Questionnaire (UEQ) merupakan salah satu alat yang sering digunakan untuk melakukan evaluasi pemakaian aplikasi. UEQ menyediakan fitur pengukuran dalam 6 aspek diantaranya daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi dan kebaruan/inovasi. Dalam proses penangkapan data dilakukan penyebaran kuisioner pada populasi target yaitu calon orang tua siswa yang telah menggunakan aplikasi PENEBAR sehingga didapatkan sampel sebanyak 40 orang. Kemudian data yang terkumpul diolah dengan menggunakan Data Analisys Tools UEQ. Berdasarkan hasil pengukuran diperoleh nilai rata-rata daya tarik 2.15, kejelasan 2.18, efisiensi 2.12, ketepatan 2.1, stimulasi 0.63 dan kebaruan 1.78. Pada pengukuran tiga dimensi kualitas didapatkan hasil 2.15 untuk daya tarik, 2.14 unutk kualitas pragmatis, 1.21 untuk kualitas hedonis. Nilai terendah pada pengukuran tiga dimensi kualitas terdapat pada kualitas hedonis yang mengukur aspek terkait kesenangan, kreativitas, dan pengalaman emosional yang diberikan oleh produk. Hal ini menunjukkan bahwa Aplikasi PENEBAR mungkin belum memberikan pengalaman yang menyenangkan atau memuaskan secara emosional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, C., & Sardiarinto, S. (2022). Evaluasi Aplikasi Transportasi Mobile Yogyakarta International Airport Menggunakan User Experience Quetionare (UEQ). EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 10(2), 57–63. https://doi.org/10.31294/evolusi.v10i2.13908

Arifin, Y. T., Solecha, K., Irnawati, O., & Marita, L. S. (2024). Penerapan Aplikasi PENEBAR ( Penerimaan Siswa Baru ) pada TK. Anak Bangsa. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 135–145.

Azman Maricar, M., Pramana, D., & Putri, D. R. (2021). Evaluasi Penggunaan SLiMS pada E-Library dengan Menggunakan User Experience Question (EUQ). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2), 319–328. https://doi.org/10.25126/JTIIK.2021824443

Dr. Martin Schrepp. (2023). User Experience Questionnaire Handbook. https://www.ueq-online.org/

Hartson, R., & Pyla, P. (2019). The UX Book: Agile UX Design for a Quality User Experience - Rex Hartson, Pardha S. Pyla - Google Books. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RHIGCwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=The+UX+Book:+Agile+UX+Design+for+a+Quality+User+Experience&ots=EOEiMtmWuQ&sig=3yf9O6vA15u_b50V-uM1OenPKKY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Isadora, F. R., Hanggara, B. T., & Mursityo, Y. T. (2021). Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5), 1057–1066. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021844550

Khotimah, A. (2021). Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Menggunakan Model Hot-Fit Fasilitas Kesehatan X. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 199–206. https://doi.org/10.32583/PSKM.V11I1.1110

Masruroh, A. A., Juita, R., & Pangaribuan, B. (2023). Analisis Kepuasan Penggguna Pada Layanan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ). INFORMAL: Informatics Journal, 8(2), 143. https://doi.org/10.19184/isj.v8i2.38011

Najamudin, N., Bagye, W., & Ashari, M. (2019). APLIKASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS WEB PADA SMK NEGERI 2 KURIPAN. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 2(2), 17. https://doi.org/10.36595/misi.v2i2.100

Salsabila, A. R., Lathif, T., Suryanto, M., & Safitri, M. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi SIMARIS UPN “Veteran” Jawa Timur Menggunakan Metode UEQ. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(6), 1714–1721. https://doi.org/10.30865/JURIKOM.V9I6.5068

Siswipraptini, P. C., Siregar, R. R. A., & Ningrum, R. F. (2020). Aplikasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) Berbasis Web Pada SDIT Yasir Cipondoh. TERANG, 3(1), 41–48. https://doi.org/10.33322/terang.v3i1.1087

Syanugiri, G. C., Musa, P., & Aryunani, W. (2023). Pengalaman Pengguna Aplikasi Konferensi Video Google Meet Selama Pandemi Covid-19: Analisis UEQ. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (SISFOTEK) Ke 7 Tahun 2023, 90–90.

Tugiman, T., Herman, H., & Yudhana, A. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Model Utaut Untuk Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Rumah Sakit. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(2), 1621–1630. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.2227

Utami, N. W., Arthana, I. K. R., & Darmawiguna, I. G. M. (2020). Evaluasi Usability Pada E-Learning Universitas Pendidikan Ganesha Dengan Metode Usability Testing. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 107. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23663




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v6i2.23551

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v6i2.23551.g6668

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License