Implementasi Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Transaksi Penjualan
Sari
Penjualan memiliki banyak data pembeli dan transaksi penjualan yang dapat dijadikan informasi yang bermanfaat untuk pelaku usaha dalam membuat keputusan. Data mining mampu mengolah data dalam jumlah besar untuk menghasilkan informasi baru. Algoritma apriori merupakah algoritma dari data mining pengambilan data dengan aturan asosiatif untuk menentukan hubungan suatu kombinasi item. The Gade Coffee dan Gold cabang Kebayoran Baru yang belum memanfaatkan informasi dari transaksi penjualan, data transaksi hanya dipergunakan untuk laporan penjualan dan laba rugi saja. Data dari transaksi penjualan the gade coffee dan gold cabang kebayoran baru diolah datanya dengan menggunakan algortima apriori untuk membuat sebuah keputusan manajemen. Data penelitian ini dikumpulkan dari periode bulan Januari 2023 sampai dengan periode bulan Maret 2023. Penerapan metode apriori dalam transaksi penjualan sangat membantu untuk memprediksi data transasi penjualan, karena hasil perhitungan dapat digunakan perusaahan dalam menentukan rekomendasi produk menu kepada customer ataupun menentukan strategi bisnis kedepannya dalam membuat promo ataupun paket bundling. Setelah dilakukan pengolahand ata menggunakan software rapidminer terdapat 6 rekomendasi aturan terbaik dengan nilai confidence tertinggi yaitu 87,8% dengan produk menu Van Lenning – Iced.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adri, A., Rumlaklak, N. D., & Sina, D. R. (2021). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan (Studi Kasus: Toko Ud. Suryani). Jurnal Komputer Dan Informatika, 9(2), 182–188. https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.5132
Amalia, F. S., Setiawansyah, S., & ... (2021). Analisis Data Penjualan Handphone Dan Elektronik Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Cv Rey Gasendra). … Journal of Telematics and …, 2(1), 1–6.
Asrorul Hidayat, A., Hendrastuty, N., Penulis Korespondensi, N., & Asrorul Hidayat Submited, A. (2023). Penerapan Algoritma Apriori Pada Apotek Shaqeena Untuk Memprediksi Penjualan Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3), 302–312. https://doi.org/10.33365/jtsi.
Erwansyah, K., Andika, B., & Gunawan, R. (2021). Implementasi Data Mining Menggunakan Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Rekomendasi Belanja Produk Pada Toko Avis Mobile. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD), 4(1), 148. https://doi.org/10.53513/jsk.v4i1.2628
Gumilang, J. R. (2021). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Konter Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 226–233. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i2.612
Lestari, A. F., & Hafiz, M. (2020). Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Barbar Warehouse. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 5(1), 96. https://doi.org/10.35314/isi.v5i1.1317
Sibarani, A. J. P. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 7(2), 262–276. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i2.195
Sunarti, S., Handayanna, F., & Irfiani, E. (2021). Analisa Pola Penjualan Makanan Dengan Penerapan Algoritma Apriori. Techno.Com, 20(4), 478–488. https://doi.org/10.33633/tc.v20i4.4715
Syahputri, N. (2020). Penerapan Data Mining Asosiasi pada Pola Transaksi dengan Metode Apriori. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 4(2), 728–736.
Wardani, F. A. K., & Kristiana, T. (2020). Implementasi Data Mining Penjualan Produk Kosmetik Pada PT. Natural Nusantara Menggunakan Algoritma Apriori. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 22(1), 85–90. https://doi.org/10.31294/p.v22i1.6520
DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.21964
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.21964.g6467
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.