Sistem Informasi Penjualan Ikan Segar Di PT Tirta Lestari Indonesia Berbasis Framework Laravel

Chandra Sukma Anugrah, Bakri Bakri, Diema Hernyka Satyareni, Mukhamad Masrur

Sari


PT Tirta Lestari Indonesia adalah perusahaan yang berfokus pada penjualan ikan segar sebagai bagian dari kegiatan operasionalnya.  Dalam  menghadapi  persaingan  pasar  yang  semakin  ketat,  PT  Tirta  Lestari Indonesia membutuhkan sistem informasi penjualan yang efisien dan terintegrasi. Penelitian ini bertujuan  untuk  membuat sebuah  sistem  informasi  penjualan  ikan segar pada PT Tirta Lestari Indonesia dengan menggunakan framework Laravel. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kebutuhan pengguna, perancangan basis data, perancangan antarmuka pengguna, pengembangan sistem, dan pengujian. Analisis kebutuhan pengguna dilakukan untuk memahami kebutuhan pengguna dalam proses penjualan ikan segar. Perancangan basis data dilakukan untuk merancang struktur database yang sesuai dengan kebutuhan  bisnis  PT  Tirta  Lestari  Indonesia.  Perancangan  antarmuka  pengguna  bertujuan untuk  menciptakan tampilan yang user-friendly  dan  intuitif bagi  pengguna.  Pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan framework Laravel untuk membangun sistem informasi penjualan yang terintegrasi dan basis data MySQL. Pengujian dilakukan untuk memastikan keberhasilan sistem dalam menjalankan fungsionalitasnya. Hasil penelitian ini berupa sistem informasi yang efisien dan terintegrasi untuk penjualan ikan segar. Sistem ini memungkinkan PT Tirta Lestari Indonesia untuk mengelola dan memantau proses penjualan ikan segar secara efektif, mulai dari pengelolaan stok, pemesanan, hingga pengiriman. Sistem ini juga dilengkapi dengan fitur pelacakan pengiriman yang memudahkan pelanggan dalam memantau status pengiriman pesanan mereka dan metode pembayaran dengan menggunakan e-wallet untuk memudahkan dalam transaksi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusuma, A., & Hadinata, N. (2022). Implementation of the Black Box Method for Testing Smart Hajj Aplication Ministry of Religion. Journal Of Information Systems and Informatics, 4(3), 673-686.

Midtrans, P. (2024). Midtrans.com. Retrieved from Midtrans.com: https://midtrans.com/

Mulyana, A., & Wijaya, H. (2018). Perancangan E-Payment System pada E-Wallet Menggunakan Kode QR Berbasis Android . Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 63-69.

Nurjamil, R., & Sembiring, F. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Jasa Pembuatan Furniture Berbasis Web (Syudi Kasus Design InteriorConcept Modern). SISMATIK(Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Manajemen Informatika) (pp. 228- 240). Sukabumi: Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Putra.

Otwell, T. (2023). Laravell Documentation. Retrieved from https://laravell.com/docs/10.x: (Diakses tanggal 7 November 2023)

Perdana, A., & Mailoa, E. (2022). Perancangan WebsitePenjualan Cupang Menggunakan Laravel (Studi Kasus Salatiga Betta Genetic). Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1343 - 1354.

Perdana, A., & Setyorini, D. (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Makanan Olahan Ikan Beku Berbasis Web Pada CV Ryzky Food. Jurnal Informatika, 22 (1), 76-88.

Rahmatdhan, D., & Gunawan, D. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Ikan Cupang Berbasis Web Di Labetta Solo. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 10(2), 270-282.

Soegoto, E. (2018). Implementating Laravel Framework Website As Brand Image In Higher-Education Institution. International Conference on Informatics, Engineering, Science and Technology (INCITEST) (p. 407). IOP Publishing.

Sommervile, I. (2000). Engineering Software Products. Pearson.

Suherman, A., & Nainggolan, E. (2021). Pemanfaatan Framework Laravel Dalam Pembangunan Sistem Penjualan Alat Instrumentasi Listrik. JITU, 1(1), 11-18.

Tahir, T., Rais, M., & Apriyadi, M. (2019). Aplikasi Point Of Sales Menggunakan Framework Laravel. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 2(2), 55-59.

Wiranata, I., Kanedi, I., & Zulfiandry, R. (2023). Sistem Penjualan Ikan Hias Pada Galeri Rama Dan Rena Berbasis Web. Jurnal Media Infotama, 19(1). 11-19.

Yang, M., Mamun, A., Mohiuddin, M., Nawi, N., & Zainol, N. (2021). Cashless Transactions : A Study On Intenstion And Adoption Of E-Wlallets. Sustain, 13(2), 1-18.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.20913

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.20913.g6297

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License