Aplikasi Sistem Pemesanan Menu Pada Kafe Nami Kopiminasi Dengan Menggunakan Metode Waterfall
Sari
Pemesanan adalah suatu aktifitas atau proses pengolahan pesanan yang dilakukan antara dua pihak atau lebih yang disebut konsumen sebelum membeli dengan melibatkan proses penyiapan pesanan untuk pengiriman dan penerimaan pesanan.Saat ini Kafe Nami Kopiminasi mengalami kesulitan dalam melayani pemesanan dan masih menggunakan pencatatan yang belum terkomputerisasi atau masih menggunakan sistem konvesional dimana pembeli harus menunggu lama untuk memesan makanan, selain itu pelayan juga masih mencatat pesanan secara manual menggunakan kertas sehingga kurang efisien dari segi waktu dan meminimalisir kesalahan proses pemesanan dan pembayaran. Untuk itu dibuatlah sebuah sistem pemesanan menu yang memudahkan pelayanan baik dari segi waktu dan tenaga dan dapat menyajikan tagihan pembayaran customer secara otomatis.Metode pegembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall.Penggunaan metode ini dimaksudkan memberikan gambaran sistem sehingga pemilik mempunyai gambaran pemahaman yang sama dan jelas pada sistem yang akan dibangun.Perancangan sistem pemesanan menu telah berhasil dibuat dan dijalankan berdasarkan hasil pengujian performance rata-rata waktu proses yang diperlukan sebesar 0.19 detik kemudian untuk pengujian keamanan web dengan skor level 3 atau high. Dengan penggunaan Qr Code juga dapat mempermudah pelanggan dalam membuat pesanan sehingga lebih efisien dan efektif karena tidak perlu lagi lama mengantri di kasir untuk hanya memilih menu, ketika pesanan sudah sesuai proses pembayaran baru dilanjutkan. Pengembangan aplikasi sistem pemesanan ini kedepannya diharapkan dapat lebih cepat dalam mengikuti perkembangan teknologi digital dan tuntutan market dalam menghadirkan aplikasi user friendly, perbaikan tingkat keamanan akses dan penyimpanan data.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amikom Purwokerto, U., Letjend Pol Soemarto, J., Purwokerto Tim, K., Banyumas, K., Tengah, J., Kunci, K., Aplikasi, P., Aplikasi, P., & Makanan, P. (2021). Pengembangan dan Pengujian Aplikasi Pemesanan Makanan berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall solichin. JCSE Journal of Computer Science an Engineering, 2(1), 40. https://doi.org/10.36596/jcse.v2i1.178
Anggraeni, E. Y., Risanto, E., Basuki, Y., Nofianto, D., C, A. A., & Offset, A. (n.d.). Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=8VNLDwAAQBAJ
Dedy Rahman Prehanto, S. K. M. K., I Kadek Dwi Nuryana, S. T. M. K., & Pustaka, S. M. (2020). BUKU AJAR KONSEP SISTEM INFORMASI. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=0OriDwAAQBAJ
Handrianto, Y., & Sanjaya, B. (2020). Model Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Produk Dan Outlet Berbasis Web. Jurnal Inovasi Informatika, 5(2), 153–160. https://doi.org/10.51170/jii.v5i2.66
Resnu Rifnaldy, T. (2023). PERANCANGAN APLIKASI MEDIA INFORMASI DAN PEMESANAN BERBASIS WEB UNTUK COFFEE SHOP TEMPAT BERCERITA. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 11(1), 1–7.
Sadriansyah, M. G. L. P. S. R. N. Y. T. W. H. O. (2020). Media Pembelajaran Dengan Metode GAMIFICATION: UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PEMBELAJARAN PADA PERGURUAN TINGGI DI MASA COVID-19. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.co.id/books?id=KH5JEAAAQBAJ
Senja, P. (n.d.). OPTIMALISASI PERAN CENDEKIAWAN DALAM MENINGKATKAN POTENSI LOKAL DAN DAYA SAING GLOBAL GUNA MENGHADAP. SPASI MEDIA. https://books.google.co.id/books?id=m-P8DwAAQBAJ
Septio, M. (2022). Sistem Informasi Pemesanan Makanan Berbasis Web Dengan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Warung Sederhana). Journal of Student Development Informatics Management (JoSDIM), 1(1), 12–32.
Sukarno, G., & Nirawati, L. (2016). KONTRIBUSI HUMAN CAPITAL dan CUSTOMER CAPITAL DALAM MENGGAPAI KINERJA CAFÉ dan RESTO di SURABAYA. JURNAL ILMU SOSIAL, 15(2), 137. https://doi.org/10.14710/jis.15.2.2016.137-149
Wahid, W. (2022). Manajemen Penyiaran Televisi Teori dan Praktik: Upaya Perubahan untuk Bangkit dalam Keterbatasan. Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=E2p6EAAAQBAJ
DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.17238
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.