Implementasi Metode Kanban pada Rancangan Sistem Informasi HelpDesk Pada Kantor Imigrasi Berbasis Website

Baginda Oloan Lubis, Irmawati Carolina, Adi Supriyatna, Adjat Sudradjat, Henny Destiana, Rachman Komarudin

Sari


Pada kantor imigrasi, terdapat berbagai urusan seperti pembuatan paspor biasa, penarikan, pencabutan, pembatalan, dan penggantian paspor biasa, pembuatan paspor bagi jamaah calon haji, pembuatan surat perjalanan laksana paspor, rekomendasi visa bekerja dan berlibur (work and holiday visa), serta biaya keimigrasian bagi WNI, dan lain sebagainya. Namun, dalam proses-proses tersebut, seringkali masyarakat mengajukan komplain yang belum tertangani dengan baik. Pencatatan dan penanganan komplain masih belum terorganisir dengan baik, sehingga data komplain sulit ditemukan ketika dibutuhkan. Oleh karena itu, berdasarkan penelitian, penulis berkeinginan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis website yang dapat menangani komplain di kantor imigrasi. Sistem ini diharapkan dapat menghasilkan data komplain yang terintegrasi, efektif, dan efisien. Selain itu, sistem ini akan memfasilitasi pengakomodasian dan perekaman data komplain, sehingga penanganan dapat selesai dengan cepat. Peneliti juga berharap agar data komplain diarsipkan dengan baik, sehingga mudah ditemukan ketika dibutuhkan. Yang terakhir, laporan komplain akan dibuat sebagai acuan perbaikan prosedur di kantor imigrasi. Metode kanban digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini. Dengan memanfaatkan metode kanban, pengelolaan komplain di kantor imigrasi dapat ditingkatkan, menciptakan sistem yang terintegrasi, efisien, dan efektif dalam menangani komplain masyarakat, serta mengelola data komplain dengan baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afni, N., Salim, A., Maulana, Y. I., Nugraha, A., & Komarudin, R. (2022). Information System Program Design Of Panti Asuhan. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 6(2), 486–496. https://doi.org/10.52362/jisicom.v6i2.962

Ahmad, M. O., Markkula, J., & Oivo, M. (2013). Kanban in software development: A systematic literature review. Proceedings - 39th Euromicro Conference Series on Software Engineering and Advanced Applications, SEAA 2013, September, 9–16. https://doi.org/10.1109/SEAA.2013.28

Akbar, B. A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Kanban. Information Management for Educators and Professionals, Bina Insani, 5(2), 33–42.

Bahrudin, R. M., Ridwan, M., & Darmojo, H. S. (2019). Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penanganan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web. (JUTIS) Jurnal Teknik Informatika, 7(1), 71–82.

Dwiasnati, S., Gunawan, W., Oprasto, R. R., Lubis, B. O., & Santoso, B. (2023). Algoritma dan Pemrograman Implementasi Menggunakan Python (Y. Rahmanto (ed.); Issue 1). CV. Keranjang Teknologi Media.

Hartono, R. (2022). Penerapan Kanban Model Sebagai Metode Perancangan Sistem Informasi (Studi Kasus: Pemetaan Sekolah SMA/K/MA Kota Tasikmalaya). Jurnal Petik, 8(1), 27–34. https://doi.org/10.31980/jpetik.v8i1.1252

Liharja, Y., Sari, A. O., & Satriansyah, A. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Helpdesk IT Support Berbasis Website. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 5(1), 157–166. https://doi.org/10.29408/jit.v5i1.4738

Lubis, B. O., Santoso, B., Yunandar, R. T., Salim, A., & Oscar, D. (2023). Implementasi Aplikasi Raport Digital Berbasis Website dengan Metode Global Extreme Programming. Jurnal Teknlogi Informatika Dan Komputer MH. Thamrin, 9(1), 293–305.

Maezar Bayu Aji, A., Aulianita, R., & Oloan Lubis, B. (2021). Sistem Informasi Penjualan Jersey Berbasis Web Dengan Menggunakan Agile Software Development. Infromation System,Informatics and Computing, 5(2), 409–421. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i2.637

Salim, A., Lubis, B. O., Jefi, J., Atmaja, J., & Fibriany, F. W. (2021). Perancangan Sistem Informasi Layanan Umroh Pada Pt. Galang Saudi Tourism Jakarta Berbasis Website. Bina Insani Ict Journal, 8(1), 1–11.

Taufiq, G., Handrianto, Y., & Suharjanti. (2022). Model Extreme Programming Untuk Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Kuliah. Jurnal Infortech, 4(2), 190–199.

Wahid, U. T., Azikin, R., & Ma’ruf, A. (2017). Kualitas Pelayanan Dalam Pengurusan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 3(3), 373. https://doi.org/10.26618/kjap.v3i3.1059




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v5i2.17163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License