Design UI/UX Menggunakan Metode Design Thingking Pada Website UMKM Hendz Florist Aglonema
Sari
Penggunaan teknologi informasi seperti situs web, media sosial, dan aplikasi berbasis smarphone dapat membantu UMKM untuk memperluas jangkauan pemasaran dan juga menjangkau lebih banyak pelanggan yang potensial. Teknologi informasi juga memungkinkan UMKM mengumpulkan dan menganalisis data bisnis seperti laporan penjualan, data pelanggan, dan data produksi untuk membuat keputusan bisnis yang lebih tepat. Salah satu media promosi yang dapat digunakan oleh UMKM dalam memasarkan produk usaha adalah dengan menggunakan website (e-commerce). Dalam merancang sebuah aplikasi e-commerce kita harus memperhatikan desain UI/UX aplikasi yang akan di bangun. Design UI/UX merupakan proses pembuatan dan perancangan produk digital seperti situs web, aplikasi seluler, dan perangkat lunak dengan berfokus pada pengalaman pengguna dan interaksi pengguna dengan produk atau antarmuka pengguna. Penelitian ini, merancang design website Hend’z florist Aglonema dengan menggunakan metode Design Thingking dimana metode ini tidak hanya berfokus pada apa yang dilihat dan dirasakan pengguna, tetapi juga pada pengalaman pengguna. Metode design thingking didasarkan pada solusi untuk pengalaman pengguna terhadap objek yang dipelajari agar pengguna lebih dekat dengan produk yang digunakan sehingga diperlukan masukan dari pengalaman pengguna. Hasil penelitian diperoleh bahwa solusi yang ditetapkan sesuai dengan kebutuhan pengguna dan dapat menyelesaikan masalah pada Hend’z Florist Aglonema
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35
Fernando, F. (2020). Perancangan User Interface (Ui) & User Experience (Ux) Aplikasi Pencari Indekost Di Kota Padangpanjang. TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 7(2), 101. https://doi.org/10.26858/tanra.v7i2.13670
Hakim, N. F., Muriyatmoko, D., & Dzulkarnain, A. (2022). Analisis Dan Perancangan UI/UX Website Roya La-Tansa Mart Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Analysis and UI/UX Design of Roya La-Tansa Mart Website Using User-Centered Design (UCD) Method. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer, 67–77.
Latipah, H. W., & Adman, A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasikan Fasilitas dan Lingkungan Kantor Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 3 Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 274. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9465
Makalalag, A. H., Ekawardhani, Y. A., Valentina, T., & Gaol, L. (2021). User Interface/User Experience Design for Mobile-Based Project Management Application Using Design Thinking Approach. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 4(2), 269–274. https://doi.org/10.5281/zenodo.5055189
Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131
Silvianti, Rizky, K., & Wardani, N. (2023). DESAIN UI UX PAKET TARI KHAS BATAK PADA SANGGAR DALIHAN NATOLU SIGAPITON BERBASIS. Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 84–99.
Soedewi, S. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 10(02), 17. https://doi.org/10.34010/visualita.v10i02.5378
Vlasenko, K. V., Lovianova, I. V., Volkov, S. V., Sitak, I. V., Chumak, O. O., Krasnoshchok, A. V., Bohdanova, N. G., & Semerikov, S. O. (2022). UI/UX design of educational on-line courses. CEUR Workshop Proceedings, 3085, 184–199. https://doi.org/10.55056/cte.114
Yudiarno, F. S., Rofi’a, I., Cahyani, R. D., & Hayati, N. (2021). Optimalisasi Strategi Pemasaran BUMDes melalui E-Commerce di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BUMDes Madu Sejahtera Desa Segoromadu). Buletin Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21107/bpmd.v1i1.11976
DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15376
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.