Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Pada SMP Negeri 39 Kota Bekasi Berbasis Android

M Nurul Anaz, Retno Sari

Sari


Perpustakaan adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh sekolah sebagai sarana bahan pustaka yang bertujuan untuk memberikan peranan yang sangat penting dalam menjadikan proses belajar mengajar semakin efektif. Pada proses pengolahan data buku perpustakaan yang masih menggunakan cara manual yang ditulis kedalam buku agenda, sehingga pembuatan laporan buku masih sering terjadi kesalahan serta dalam pencarian buku memakan waktu yang cukup lama. Perpustakaan dituntut untuk dapat memenuhi pemakainya dalam mendapatkan informasi agar lebih cepat dan tepat serta berdaya guna. Dengan adanya sistem informasi disekolah dapat meningkatkan kualitas serta percepatan proses layanan pada pengguna perpustakaan sehingga memudahkan proses belajar mengajar. Metode yang digunakan yaitu metode waterfall, perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sistem ini menggunakan Android Studio. Dengan dukungan teknologi informasi saat ini, sistem perpustakaan menjadi lebih terintegrasi baik dari sisi basis data maupun layanan bahan pustaka.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhar, A. (2020). Perancangan Aplikasi Perpustakaan Sekolah Smp It Lukmanul Hakim Aceh Besar. Jurnal Informatic, Education and Management (JIEM), 2(2), 88–93. https://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/view/31%0Ahttps://jurnal.stmikiba.ac.id/index.php/jiem/article/download/31/28

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Astiti, N. M. (2015). Analisa dan perancangan aplikasi pembelajaran matematika berbasis android. Konferensi Nasional Sistem Dan Informatika 2015, 9(10), 982–991. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=395679&val=7863&title=ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID

Ceryna Dewi, N. K., Anandita, I. B. G., Atmaja, K. J., & Aditama, P. W. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 100–107. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v2i1.291

Desy Ria, M., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 122–133. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Febriandirza, A. (2020). Perancangan Aplikasi Absensi Online Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Kotlin. Pseudocode, 7(2), 123–133. https://doi.org/10.33369/pseudocode.7.2.123-133

Fitri, M. O. (2020). Rancangan Perpustakaan Digital Berbasis Web Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Imam Bonjol Padang Dengan Menggunakan Omeka. Teknosains: Media Informasi Sains Dan Teknologi, 14(2), 128–136. https://doi.org/10.24252/teknosains.v14i2.14451

Hidayati, Raudhoh, & Yusufhin, F. (2022). Penerapan Google Drive Sebagai Alternatif Perpustakaan Digital di Perpustakaan Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 115–130.

Rodin, R. (2018). OPTIMALISASI LAYANAN DIGITAL BERBASIS ANDROID UNTUK MEMPERKUAT INOVASI DAN KREATIVITAS PERPUSTAKAAN IAIN CURUP. Semiloka Nasional Inovasi Perpustakaan 2018, 109–121.

Tri, M. B. (2020). Perancangan Sistem Informasi Management Siswa Berprestasi Berbasis Android Pada Smk Pgri Rawalumbu. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, X(2), 30–39.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v5i1.15334

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License