Model Extreme Programming Untuk Rancang Bangun Sistem Informasi Penjadwalan Kuliah

Ghofar Taufik, Yopi Handrianto, Suharjanti Suharjanti

Sari


Dibutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam membuat jadwal kuliah pada suatu lembaga pendidikan tinggi. Tentunya dibutuhkan pula orang yang tepat dalam melakukan proses pembuatan jadwal kuliah ini. Salah dalam membuat jadwal kuliah tentunya akan menimbulkan kekacauan dalam pelaksanaan dalam kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi. Selain orang yang tepat, tentunya juga dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat menunjang dalam proses pembuatan jadwal kuliah. Yang nantinya sistem informasi ini juga membantu dalam meminimalisasi kesalahan dalam membuat jadwal kuliah. Model yang digunakan dalam merancang sistem informasi penjadwalan kuliah ini adalah Extreme Programming (XP). XP adalah salah satu dari model yang dapat digunakan dalam melakukan pembangunan mapun pengembangan suatu sistem informasi yang dapat dilakukan secara efisien yang setiap tahapannya membutuhkan perubahan yang cepat serta fleksibel. Dengan XP sistem informasi penjadwalan kuliah dapat dibangun dan cepat serta fleksibel sesuai dengan kebutuhan user yang nanti akan menggunakannya. Dan hasil dari penelitian ini adalah suatu sistem informasi penjadwalan kuliah yang menghasilkan jadwal perkuliahan yang informasinya dapat digunakan untuk melakukan kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi yang sudah bebas dari kesalahan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, F., Pambudi, A., & Sinaga, D. (2021). Pengembangan Sistem Ta’Aruf Online Pada Ta’Aruf Online Indonesia Menggunakan Metode Moscow. Jurnal Informatika Upgris, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.26877/jiu.v6i2.6986

Arif, A. (2021). Penerapan Metode Extreme Programming Pada E-Voting Pemilihan Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sekolah Tinggi Teknologi XYZ. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(2), 234. https://doi.org/10.26418/justin.v9i2.44266

Azdy, R. A., & Rini, A. (2018). Penerapan Extreme Programming dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) pada Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 197. https://doi.org/10.25126/jtiik.201852658

Fatoni, A., & Dwi, D. (2016). Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem. Prosisko, 3(1), 1–4. Retrieved from http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/116

Haryadi, C., & Arifin, R. W. (2016). Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada PT. White Horse Ceramic Indonesia. BINA INSANI ICT JOURNAL, 3(2), 370–383. Retrieved from https://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/850

Lutfi, F., Santoso, B., & Lubis, B. O. (2022). Pembangunan Aplikasi Mobile Kontributor untuk Pengisian Informasi Publikasi dengan Model Agile. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 8(1), 144–160. https://doi.org/10.37012/jtik.v8i1.794

Sahrial, R. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Zakat Infaq Shodaqoh Menggunakan Metodologi Extreme Programming. Jurnal Buana Informatika, 9(1), 31–42. https://doi.org/10.24002/jbi.v9i1.1666

Siregar, M., & Hayuningtyas, R. Y. (2022). Sistem Informasi Penjualan Karya Seni Berbasis Website. Infortech, 4, 24–29. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/12745

Suryantara, I. G. N., & Andry, J. F. (2018). Development of Medical Record With Extreme Programming SDLC. International Journal of New Media Technology, 5(1), 47–53. https://doi.org/10.31937/ijnmt.v5i1.706

Taufiq, G., Handrianto, Y., & Suharjanti, S. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Rekap Data Akademik Mahasiswa dengan Model Extreme Programming. SATIN-Sains Dan Teknologi Informasi. https://doi.org/10.33372/stn.v8i1.823




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.14065

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.14065.g5733

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License