Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace

Muhammad Haiqal Setiawan, Rachman Komarudin, Desiana Nur Kholifah

Sari


Sudah banyak aplikasi marketplace yang ada di Indonesia saat ini, diantaranya adalah: Lazada, Shopee dan Tokopedia. Dengan banyaknya pilihan aplikasi marketplace yang beredar di Indonesia ini tentu saja para pengguna internet mempunyai aplikasi favoritnya masing-masing. Tingkat kepercayaan masyarakat tentu berbeda-beda pada tiap aplikasi. Keunikan visual dan tampilan (UI & UX) yang berbeda-beda pada tiap aplikasi juga menjadi daya tarik tersendiri. Promosi yang ditawarkan oleh tiap aplikasi juga menjadi faktor penting dalam masyarakat memilih aplikasi marketplace. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan masyarakat terhadap marketplace yang dipilih. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh tampilan (UI dan UX) pada marketplace terhadap keputusan masyarakat dalam memilih aplikasi. (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh promosi yang dilakukan oleh aplikasi marketplace terhadap keputusan masyarakat dalam memilih aplikasi. (4) Mengetahui aplikasi apa yang paling banyak disukai. Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) sebagai Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow (1997) dengan populasi tidak diketahui, dan didapatkan 100 sampel. Hasil dari penelitian ini berdasarkan jumlah normalisasi per kriteria, didapatkan faktor utama dalam keputusan pemilihan aplikasi marketplace adalah Kepercayaan sebesar 1,72, kedua adalah Tampilan sebesar 1,42 dan terakhir adalah Promosi sebesar 1,28. Perhitungan dari rangking akhir yang didapat dari 100 responden, Shopee menjadi aplikasi paling disukai berdasarkan 3 kriteria yaitu: Kepercayaan (58%), Tampilan (68%) dan Promosi (78%), mengalahkan Tokopedia dengan Kepercayaan (37%), Tampilan (29%) dan Promosi (19%), dan Lazada dengan Kepercayaan (5%), Tampilan (3%) dan Promosi (3%).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annur, C. M., & Ahdiat, A. (2022). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022*). Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Kemenperin.go.id. (2017). Industry 4.0 Tingkatkan Produktivitas, Tenaga Kerja, dan Pasar. Kemenperin.Go.Id. https://www.kemenperin.go.id/artikel/17503/Industry-4.0-Tingkatkan-Produktivitas,-Tenaga-Kerja,-dan-Pasar

Limbong, T., Muttaqin, Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, Sulaiman, O. K., Siregar, D., Nofriansyah, D., Napitupulu, D., & Wanto, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi (A. Rikki (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=6FnYDwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PA2#v=onepage&q&f=falsehttps://books.google.co.id/books?id=6FnYDwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PA2#v=onepage&q&f=false

Nofriansyah, D. (2015). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Konsep_Data_Mining_Vs_Sistem_Pendukung_K/PoJyCAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Nurrahmah, A., Rismaningsih, F., Hernaeny, U., Pratiwi, L., Wahyudin, Rukyat, A., Yati, F., Lusiani, Riaddin, D., & Setiawan, J. (2021). Pengantar Statistika 1 (S. Haryanti (ed.)). Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=Vm1XEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Putra, R. A. (2018). Peran Teknologi Digital dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur. Elkawnie, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.22373/ekw.v4i1.2959

Romindo, R., Purba, R. A., Wagiu, E. B., Siagian, Y., Wardhani, A. K., Yuniwati, I., Manuhutu, M. A., Hutahaean, J., Suharni, S., Hazriani, H., & Israwan, L. F. (2021). Sistem Pendukung Keputusan: Teori dan Implementasi (A. Karim & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Pendukung_Keputusan_Teori_dan_Imp/sEBXEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Setiaji, P. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting Untuk Menentukan Dosen. Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting Untuk Menentukan Dosen, 8, 11–15.

Simangunsong, P. B. N., & Sinaga, S. B. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi (J. Simarmata (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_Pendukung_Keputusan_Pemilihan_Dos/8CPGDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13913

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13913.g5725

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License