Penerapan Metode AHP Untuk Penentuan Rangking Supplier Sparepart Terbaik

Wati Duriat, Ani Oktarini Sari

Sari


Dalam kelancaran produksi, pemeliharaan mesin dan pergantian sparepart mesin sangat penting dilakukan secara berkala. Pemilihan supplier harus tepat dan perlu diperhatikan oleh perusahaan untuk segala kelancaran proses jadwal produksinya. Saat ini penilaian supplier yang dilakukan PT. Chang Shin Indonesia selama ini bersifat subyektif dan belum menerapkan kriteria-kriteria yang menjadi tolak ukur penilaian, sehingga penilaian belum mendapat hasil yang optimal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membantu perusahaan dalam penentuan supplier terbaik dengan menentukan kriteria-kriteria yang sesuai dengan proses sistem berjalan. Penerapan spk dalam penelitian ini dengan metode AHP, karena hasil yang didapatkan berupa rangking urutan alternatif dari hasil perhitungan berdasarkan kriteria dan sub kriteria dalam pengambilan keputusan. Dalam memperoleh data yang dibutuhkan melalui metode pengumpulan data seperti pengamatan langsung terhadap proses evaluasi, wawancara dan studi pustaka, serta menggunakan data kuisioner  dengan populasi wilayah general pada PT. Chang Shin Indonesia. Dari proses pengolahan data diperoleh beberapa kriteria penilaian yaitu harga, kualitas, kesesuaian barang, waktu pengiriman dan layanan dan juga mendapatkan beberapa alternatif pilihan supplier yaitu PT. Seo Heung Indoraya, PT. Kukdong Perdana Mulia, PT. New Fuindo Gemilang, PT. Oriental Karya Ekspres dan PT. Hanjin Indonesia Jaya. Hasil dari perhitungan didapatkan bahwa Supplier PT. Kukdong Perdana Mulia merupakan supplier sparepart terbaik untuk PT. Chang Shin Indonesia


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ashari, T. (2021). Pemilihan Lokasi Pembangunan Klinik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Didukung Sistem Informasi Geografis. JOINT (Journal Of Information Technology), 03(02), 14–19.

Fachrizal, M., Diana, A., & Utari, D. R. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Supplier Terbaik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Simple Additive Weighting. Jurnal IKRAITH-INFORMATIKA, 6(3), 169–179.

Firdaus, A., & Bachtiar, L. (2021). Analisis Pemilihan Siswa Teladan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) & Analytical Hierarchy Process (AHP) Berbasis Web Pada Sdn 11 Baamang Tengah. JUTEKIN - JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 9(2).

Rofadi, H., Aditiawan, F. P., & Mumpuni, R. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Ahp Dan Saw Pada Apotek. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (Jifosi), 02(2), 302–312.

Rosyiidi, T., & Subagyo, A. M. (2021). Analisis Pemilihan Supplier Obat Pada Apotek Adinda Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ). Inaque (Journal Of Industrial & Quality Engineering), 9(1), 21–33.

Sartana, B. T., Fadillah, R., Roeswidiah, R., & Achadiani, D. (2021). Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Studi Kasus: Pt. Jaya Duta Indonesia. IDEALIS : Indonesia Journal Information System, 4(1), 83–89. Https://Doi.Org/10.36080/Idealis.V4i1.2829

Satriadi, & Martinus, S. (2021). Analisis Pemilihan Supplier Chemical Boilout Menggunakan Metode AHP ( Analytical Hierarchy Process ) Di Seksi Paper Machine # 6 . SURYA TEKNIKA, 8, 233–242.

Setiawan, M. A., & Hartini, S. (2022). Jurnal Optimasi Teknik Industri Pemilihan Supplier Bahan Baku Daging Untuk Proses Produksi Catering Dengan Metode AHP Dan PROMETHEE. JOTI (Jurnal Optimasi Teknik Industri), 4(2), 59–66.

Shabira, H. P., & Sutrisno, J. (2022). Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Supplier Dengan Menggunakan Metode AHP Dan SAW. Prosiding Seminar Nasional SISFOTEK, 58–63.

Subiyantoro, E., Muslikh, A. R., Andarwati, M., Swalaganata, G., & Pamuji, F. Y. (2022). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika Analisis Pemilihan Media Promosi UMKM Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 8(1), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13783

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13783.g5723

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License