PENGARUH DANA KJP BAGI PRESTASI SISWA DENGAN METODE AHP SUPERDECISIONS

Yuli Komalasari

Sari


Abstrak  - Kartu Jakarta Pintar diberikan oleh Pemerintah kepada seluruh siswa tidak mampu dari tingkat SD sampai SMA/SMK Atas sejak tahun 2012. Tujuannya agar warga DKI Jakarta bisa melanjutkan pendidikannya minimal sampai tingkat SMA/SMK dari dana APBD Pemerintah Provinsi DKI. Selain tepat sasaran diharapkan para siswa yang telah menerima bantuan tersebut, lebih fokus dan giat lagi belajarnya, karena semua kebutuhan sekolahnya telah dibantu oleh Pemerintah. Prestasi siswa diharapkan terus meningkat dengan tersedianya dana bantuan yang ada. Orang tua juga turut mendukung pendidikan dan cita-cita anak-anaknya. Untuk mengetahui pengaruh KJP bagi prestasi siswa, dilakukan penelitian dan membuat kuesioner bagi sekolah yang sudah mengikuti kepesertaan KJP. Diambil tiga sekolah di wilayah Jakarta yaitu MIN 18 Jakarta, MI Yampi dan SDN 01 Ancol sebagai bahan penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi ketiga sekolah tersebut adalah Prestasi (0,57143), Sistematika (0,28571) dan Tata kelola (0,14286), dan yang paling berhasil dalam melaksanakan KJP adalah MIN 18 (0,3720), berikutnya MI YAMPI (0,3399), SDN 01 Ancol (0,2881) dan KJP sangat berpangaruh kepada prestasi siswa dengan baik. Nilai tersebut didapatkan dari perhitungan menggunakan aplikasi superdecisions dengan tingkat kesalahan dibawah 10%. Rata-rata hasil akhir/sintesa ketiga sekolah sekitar 30% , artinya ketika responden mengisi form kuesioner untuk membandingkan ketiga objek kriteria, perbedaannya tidak terlalu jauh. 

 

 

Kata Kunci: Hasil Sintesa, Kartu Jakarta Pintar, Kriteria KJP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


-




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13722

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13722.g5721

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License