Implementasi Load Balancing Dan Failover Menggunakan IP SLA Pada PT Pan Pacific Insurance

Riyan Almakhi, anton anton, Fitra Septia Nugraha

Sari


Perkembangan jaringan komputer dan internet begitu pesat pada era sekarang khususnya internet sebagai media informasi tentunya harus memiliki kualitas koneksi yang baik. Begitu juga pada PT Pan Pacific Insurance yang sangat bergantung pada koneksi internet untuk menunjang berjalanya operasional perusahaan. Sebelumya PT Pan Pacific Insurance hanya menggunakan satu ISP (internet service provider) dan jika terjadi ganguan pada koneksi internet maka operasional perusahaan menjadi tergangu. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan penambahan koneksi internet baru yang dapat digunakan secara bersamaan sehingga tidak bergantung pada satu ISP, teknik tersebut disebut dengan load balancing. Akan diterapkan juga teknik failover pada jaringan ini, yaitu jika salah satu koneksi internet mati maka karyawan akan tetap mendapatkan koneksi internet dari ISP lainnya. Salah satu perangkat yang mampu menggunakan teknik load balancing dan failover yaitu cisco router. Serta dibuat juga IP SLA untuk melakukan pengecekan round trip time (RTT) yaitu waktu yang dibutuhkan untuk paket kembali. Cisco router akan dikonfigurasikan untuk melakukan ping selama 10 detik sekali dan jika round trip timenya mencapai 5000 milisecond maka sudah melanggar SLA dan dikatakan koneksi internet tidak bagus.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardhiansyah, M., Noris, S., & Andrianto, R. (2020). Jaringan komputer (Issue 1). Unpam Press.

Armanto, A. (2017). Perancangan Pengelolahan Jaringan Load Balancing Dan Fileover Menggunakan Router Mikrotik Rb 951 Series Pada Stkip Pgri Lubuklinggau. Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 2(2), 87–95.

Insurance, P. P. (2022). Topologi Jaringan PT Pan Pacific Insurance.

Mustofa, A., & Ramayanti, D. (2020). Implementasi Load Balancing dan Failover to Device Mikrotik Router Menggunakan Metode NTH (Studi Kasus: PT.GO-JEK Indonesia). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(1), 139. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020701638

Primartha, R. (2019). Manajemen Jaringan Komputer Teori dan Praktik. Informatika Bandung.

Rachman, O. (2019). Panduan Lengkap Instalasi Dan Konfigurasi Jaringan LAN-WAN-Wireless-Fiber Optik - Berbasis IoT Industri 4.0. Penerbit ANDI.

Suryanto, Prasetyo, T., & Hikmah, N. (2018). Implementasi Load Balancing Menggunakan Metode Per Connection Classifier (PCC) Dengan Failover Berbasis Mikrotik Router. Seminar Nasional Inovasi Dan Tren (SNIT), 1(1), A230–A238.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13614

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13614.g5719

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License