Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking

Dina Ariska, Siti Nurlela

Sari


Aplikasi Lazada merupakan salah satu e-commerce yang ada di Indonesia. Memiliki berbagai campaign menarik yang ditawarkan bagi para penggunanya, salah satunya Gajian Ganti Handphone. Tentu pembuatan halaman campaign telah berdasarkan pertimbangan banyak hal, salah satunya tampilan desain halaman. Namun dalam penggunaannya masih ditemui beberapa permasalahan. Penelitian ini akan berfokus pada analisis UI dan UX dengan menggunakan metode Design Thinking dan rancangan kembali prototipe desain antarmuka halaman campaign tersebut. Penggunaan metode Design Thinking akan mengadaptasi metode yang biasa diterapkan oleh desainer menggunakan prosedur iteratif dalam pemikiran desain dari pernyataan masalah hingga solusi masalah. Tujuannya adalah untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin sehingga ditemukan permasalahan dan solusi terbaik untuk masalah tersebut. Metode ini akan dimulai dengan tahap Understand, Observe, Define point of view, Ideate, Prototype, Test dan Reflect. Prototipe yang telah dirancang menggunakan Figma kemudian diuji kepada 5 penguji dengan menggunakan metode pengujian System Usability Scale (SUS). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil uji dengan total nilai 88 dan disimpulkan acceptable, grade scale B dan adjective rating adalah excellent.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cota, M. P., Thomaschewski, J., Schrepp, M., & Gonçalves, R. (2014). Efficient measurement of the user experience. A Portuguese version. Procedia Computer Science, 27(34), 491–498. https://doi.org/10.1016/j.procs.2014.02.053

Deacon, P. (2020). UX and UI Strategy: A step by step Guide on UX and UI design. Journal of Chemical Information and Modeling, 40.

Ependi, U., Kurniawan, T. B., & Panjaitan, F. (2019). System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 10(1), 65–74. https://doi.org/10.24176/simet.v10i1.2725

Ependi, U., Putra, A., & Panjaitan, F. (2019). Evaluasi tingkat kebergunaan aplikasi administrasi penduduk menggunakan teknik system usability scale. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 5(1), 63–76. https://doi.org/10.26594/register.v5i1.1412

Firdausi, F. A. (2021). Analisa dan Desain Kembali UI/UX Aplikasi Marketplace UMKM Digidesa Menggunakan Metode Design Thinking. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI), 1(November), 1.

H.N, I. A., Nugroho, P. I., & Ferdiana, R. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 17(1), 31. https://doi.org/10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38

Lewrick, M., Link, P., & Leifer, L. (2020). THE DESIGN THINKING TOOLBOX. John Wiley & Sons, Inch.,.

Peta E‑Commerce Indonesia. (2021). Iprice. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Syahrum, M.Pd, D., & Salim, M.Pd, D. (2012). Metodologi Penelitian kuantitatif (R. Ananda (Ed.)). Citapustaka Media.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13234

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v4i2.13234.g5717

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License