Analisa Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Customer Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Di Jne Pondok Kelapa

Achmad Sumbaryadi, Nandang Iriadi, Fitrani Indah Yuliasari

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh pelayanan kepuasaan pelaggan di JNE Agen Trimitra, dengan menggunakan teknik Data Mining Algoritma C4.5. Metode C4.5 dapat membantu perusahaan untuk mencari kelebihan dan kekurangan yang di berikan oleh perusahaan kepada pelanggan, hal ini sangat berguna bagi perusahaan untuk perencanaan kedepan bagi perusahaan. Untuk itu setiap perusahaan punya cara yang berbeda untuk melakukan penilaian atas tingkat kepuasan pelanggan. Dalam praktiknya, kegiatan penilaian atas tingkat kepuasan pelanggan harus dilakukan dengan metode yang baik dan tepat, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penilaian. Hasil penilaian yang dilakukan harus dapat dibuat sebenar-benarnya, sehingga pada gilirannya menumbuhkan loyalitas pelanggannya. Sistem pendukung keputusan merupakan alat bantu yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian tingkat kepuasan pelanggan dengan cara memperbaki metode penilaian dari penentuan nilai harapan. Metode C4.5 di pilih untuk melakukan penilaian tingkat kepuasan pelanggan. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa metode ini dapat diimplementasikan untuk penilaian tingkat kepuasan pelanggan sebagai acuan perusahaan untuk mengembangkan pelayanan di JNE Agen Trimitra.

 

Kata Kunci: Data Mining, Algoritma C4.5 , Pengaruh Pelayanan Kepuasaan Pelanggan.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jamhur, Annisak Izzaty. 2016. Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Jumlah Pelanggan Aktif Dengan Menggunakan Algoritma C4.5. Vol.23 No.2, Oktober 2016

Oktafianto. 2016. Analisi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Menggunakan Metode Algoritma C4.5. ISSN: 2442-5567

Prasetyo, Eko. 2012. Data Mining Konsep Dan Aplikasi Menggunakan 4] MATLAB. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf,Kualitaf, Dan R&D. Bandung: Alfabeta Cv

Vulandari, Retno Tri. 2017. Data Mining Teori Dan Aplikasi Rapidminer. Yogyakarta: Gava Media.

Yuliana, ade dkk.2017. Algoritma Decision Tree (C4.5) Untuk Memprediksi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Politeknik TEDC Bandung.ISSN : 2549-7952.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v3i1.10481

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v3i1.10481.g4891

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License