Penerapan Metode PIECES Framework Dalam Analisis dan Evaluasi Aplikasi M-BCA

Randi Prayogi, Kresna Ramanda, Cahyani Budihartanti, Arief Rusman

Sari


Mobile BCA atau yang biasa di sebut M-BCA, merupakan sebuah aplikasi perbankan diperuntukan kepada semua nasabah BCA yang memiliki tabungan, namun M-BCA tidak diperuntukan kepada nasabah tahapan tabunganku, karena tahapan tersebut hanya diperuntukan bagi anak-anak. Aplikasi M-BCA dapat diinstal pada smartphone, seperti Android dan IOS. Cukup dengan terhubung internet dan mengakses M-BCA,  maka seluruh urusan perbankan selesai dalam hitungan menit.Ada banyak menu yang disediakan pada aplikasi M-BCA seperti m-info, BagiBagi, Flazz, m-Info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce, Cardless (khusus OS Android dan IOS), QR, m-Admin, Aktivasi BCA Keyboard. Dengan adanya aplikasi M-BCA perlu dilakukan identifikasi masalah untuk mengetahui seberapa puas pengguna terhadap aplikasi M-BCA. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengevaluasinya adalah dengan menggunakan metode PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service). Berdasarkan metode PIECES yang terdiri dari Performance, Information, Economics, Control, Efficiency dan Service dalam mengukur tingkat kepuasan terhadap pengguna aplikasi m-BCA dapat dilihat tingkat kepuasan pengguna dari masing-masing domain, dimana Performance memperoleh nilai 4.23, Information memperoleh nilai 4.44, Economy memperoleh nilai 4.60, Control memperoleh nilai 4.59, Efficiency memperoleh nilai 4.62, dan Service  memperoleh nilai 4.65. Karena masing-masing nilai berada di 3.4 - 4.91, yang berarti pengguna merasa PUAS terhadap aplikasi m-BCA.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, N. (2018). Evaluasi Penggunaan Sistem Informasi ERP Dengan Metode Pieces Framework. Jurnal Informatika, 5(2), 278–286

Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 39–47.

BCAMobile. (n.d.).

Dwiyantoro, D. (2019). Analisis dan Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Smart Library AMIKOM Resource Centre dengan Metode Pieces Framework. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 109–124.

Kristy, R. D., & Kusuma, W. A. (2018). Analisi Tingkat Kepuasan dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. Teknika : Engineering and Sains Journal, 2(1), 17–24.

Muliansah, R., & Budihartanti, C. (2020). Analisa Pemanfaatan e-Puskesmas di Loket Pendaftaran pada Puskesmas Kecamatan Pademangan dengan Metode PIECES. Journal of Computer Science and Engineering (JCSE), 1(1), 17–29.

Wijaya, H. O. L. (2018). Implementasi Metode PIECES Pada Analisis Website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 3(1), 48–58.




DOI: https://doi.org/10.31294/infortech.v3i1.10122

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/infortech.v3i1.10122.g4883

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License