Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Kepercayaan Konsumen Pada Situs Pemesanan Tiket Pesawat

Rachmat Zulfikar, Anna Mukhayaroh, Samudi Samudi

Abstract


Perkembangan industri penerbangan saat ini sangat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya maskapai penerbangan situs pemesanan tiket pesawat secara online yang bermunculan, membuat persaingan semakin kompetitif. Berangkat dari banyaknya faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap penggunaan situs pemesanan tiket, maka dibuatlah sebuah perbandingan untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhinya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap penggunaan situs pemesanan tiket. AHP adalah metode penelitian yang digunakan untuk pengambilan suatu keputusan dengan menggunakan hierarki dan melakukan perbandingan pada setiap kriteria, serta alternatif yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Setelah melakukan penelitian, maka dihasilkan jika Traveloka merupakan situs pemesanan tiket pesawat secara online yang paling diminati oleh para pengguna traveller khususnya komunitas Himpunan Pecinta Alam Lima Tangerang (HIPALITA ALL GENERATION).


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2010). Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Menentukan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Pegawai Negeri. Jurnal Informatika Mulawarman, 5(2), 1–12.

Firatmadi, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Journal of Business Studies, 2(2), 2443–3837. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/viewFile/959/667

Mal, L. H., Gede, I., & Mertayasa, A. (2018). Traveloka.Com Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Humaniora Universitas Dhyana Pura Bali. Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata, 13(1), 63–73.

Nugroho, M. K. (2015). PENERAPAN MANAJEMEN KOMPLAIN PADA LAYANAN JASA DI PDAM TIRTA LAWU KARANGANYAR. In UNIVERSITAS SEBELASMARET (Vol. 151, Issue 1, pp. 10–17).

Pradipta, A. Y., & Diana, A. (2017). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier pada Apotek dengan Metode AHP dan SAW (Studi Kasus Apotek XYZ). SISFOTEK, 1(1), 107–114.

Prasetyo, T. F., & Kusumah, C. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). J-Ensitec, 2(01), 82–93. https://doi.org/10.31949/j-ensitec.v2i01.51

Rakhmah, S. N., & Wahyuningsih, S. (2020). Penentuan Faktor Prioritas Pemilihan Online Travel Agency di Wilayah Bekasi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(3), 825. https://doi.org/10.30865/mib.v4i3.2268

Sastika, W. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Website (WebQual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian pada Website e-commerce Traveloka. Sentika, 2016(Sentika), 18–19.

Sitorus, P. P., Keke, Y., & Sitorus, M. R. (2018). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Online Travel Agent. Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 4(2), 141–146.

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v7i1.9831

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License