Sistem Informasi Pelayanan Administasi Kependudukan Desa (M-Desa) Dengan Metode User Centered Design

Yustina Meisella Kristania

Abstract


Dewasa ini ketergantungan manusia akan akses informasi semakin bertambah dengan ditandainya penggunaan internet yang makin tersebar. Desa sebagai bagian terkecil dari sistem pemerintahan administratif di Indonesia, dituntut dapat mengikuti perkembangan teknologi dan terus meningkatkan kemampuannya mengelola data administrasi kependudukan desa. Saat ini masih banyak desa dalam sistem pelayanannya masih melayani secara konvensional. Pelayanan administasi kependudukan seperti pencatatan data penduduk desa dan pembuatan surat permohonan akan lebih efektif dan efisien dengan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi, yaitu melalui pemanfaatan Sistem Informasi Pelayanan Administasi Kependudukan Desa (M-DESA) menggunakan metode User Centered Design (UCD). Metode UCD berfokus kepada pengembangan sistem berdasarkan tujuan, sifat, konteks dan lingkungan melalui pengalaman pengguna. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan adanya Sistem Informasi Pelayanan Administasi Kependudukan Desa (M-DESA) dapat mempermudah masyarakat yang akan mengajukan pelayanan karena dapat diakses dimana saja melalui jaringan internet seperti pelayanan permohonan pendaftaran E-KTP, KK, AKTE dan surat-surat lainnya, Sehingga ada keterbukaan dan kemudahan dalam pelayanan antara pengurus desa dengan warganya.

Kata kunci: Desa, administrasi, sistem informasi, metode User Centered Design


Full Text:

PDF

References


Amborowati, A. (2008). Rancangan Sistem Pameran Online menggunakan Metode UCD (User Centered Design). STMIK AMIKOM Yogyakarta, 1–15.

Ariansyah, & Josi, A. (2017). Pengembangan Framework Yii Dalam Pembangunan Sistem Inventaris Stmik Prabumulih Dengan Konsep User Centered Design (UCD). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Poltek Tegal, 03(01), 26–30.

Indonesia, R. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

L. Albani and G. Lombardi (FIMI). (2010). User Centred Design for EASYREACH. November 2010, 1–45.

Muhammad, B., & Bahar, A. (2016). Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Pada Kantor Kelurahan. Teknik Informatika, 5(1), 877–1021.

Ogedebe, P. M., & Jacob, B. P. (2012). Software Prototyping: A Strategy to Use When User Lacks Data Processing Experience. ARPN Journal of Systems and Software, 2(6), 219–224.

Sudjarwo, S. (2004). Buku Pintar Kependudukan. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v7i1.8972

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License