Aplikasi Panduan Pola Hidup Sehat

Afit Muhammad Lukman, Oki Rahmanto

Abstract


Abstract - Various applications are created to facilitate human activities. Many things can be done only with cell phones, ranging from communication to entertainment, management, multimedia, and others. Every cell phone has an operating system to run application programs. Based on data from IDC (International Data Corparation) shows that the smartphone market worldwide grew 27.2% in 2014 with 335 million units of devices. Delivery of Android devices ranks first in world market with 283 million units of devices shipped and more than 84% market share in the third quarter of 2014. This is due to increased consumer demand. This shows that android is in demand by users all over the world. This factor is the reason for creating applications on the Android platform. In this study, researchers will make a healthy lifestyle guide application for mobile devices, especially smartphones based on Android. So that only by using a smartphone, users can make it easier to do a healthy lifestyle and regulate calorie intake without buying books or consulting a health professional. This of course can be a tool in managing healthy lifestyles. The steps taken to carry out the application development process include the stages of problem and needs analysis, application design and interface design, so that the application formed becomes easy to use. From the trial results it is proven that the application of a healthy lifestyle can provide information and convenience to some people in managing their lifestyle.

Keywords: Android, a healthy lifestyle, a smartphone.

 

Abstrak - Beragam aplikasi diciptakan untuk memudahkan aktifitas manusia. Banyak hal yang dapat dilakukan hanya dengan telepon seluler, mulai dari komunikasi sarana hiburan, manajemen, multimedia, dan lainnya. Setiap telepon seluler memiliki sistem operasi untuk menjalankan program aplikasi. Berdasarkan data dari IDC (International Data Corparation) menunjukan bahwa pasar smartphone di seluruh dunia bertumbuh 27,2% pada tahun 2014 dengan 335 juta unit perangkat. Pengiriman perangkat android menempati urutan pertama di pasar dunia dengan 283 juta unit perangkat yang terkirim dan lebih dari 84% pangsa pasar pada kuartal ketiga tahun 2014. Hal ini dikarenakan permintaan konsumen yang meningkat. Hal ini menunjukan bahwa android diminati oleh pengguna di seluruh dunia. Faktor ini menjadi alasan untuk membuat aplikasi pada platform android.  Pada penelitian kali ini peneliti akan membua aplikasi Panduan pola hidup sehat untuk perangkat mobile khususnya smartphone yang berbasis android. Sehingga hanya dengan menggunakan smartphone, pengguna dapat mempermudah untuk melakukan pola hidup sehat dan mengatur asupan kalori tanpa membeli buku atau berkonsultasi ke ahli kesehatan. Hal ini tentu saja  dapat menjadi alat bantu didalam mengatur pola hidup sehatnya. Tahapan yang dilakukan untuk menjalankan proses pembangunan aplikasi tersebut meliputi tahapan analisis permasalahan dan kebutuhan, perancangan aplikasi dan desain interface, sehingga aplikasi yang terbentuk menjadi mudah untuk digunakan. Dari hasil uji coba terbukti bahwa aplikasi pola hidup sehat dapat memberikan informasi dan kemudahan pada beberapa orang dalam mengatur pola hidupnya.

Kata kunci: Android, Pola Hidup sehat, Smartphone.


Full Text:

PDF

References


Hidayatulloh, S., & AMIK, C. M. (2015). Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa Candigatak Berbasis Web. AMIK Cipta Darma Surakarta.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131

Maarif, V., Widodo, A. E., & Wibowo, D. Y. (2017). Aplikasi Tes IQ Berbasis Android. Ijse.Bsi.Ac.Id IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering ISSN.

Marsa, D., & Sardiarinto. (2013). Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Melalui Aplikasi Edukasi Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2013 (SENTIKA 2013).

Nuraini, R. (2015). DESAIN ALGORITHMA OPERASI PERKALIAN MATRIKS MENGGUNAKAN METODE FLOWCHART. JURNAL TEKNIK KOMPUTER AMIK BSI.

Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.184

Sari, A. M. (2017). Aplikasi Situs Web Penjualan Hijab Online. Paradigma.

Syamsul Rizal, Eko Retnadi, A. I. (2014). Aplikasi Pencarian Obyek Wisata Terdekat di Kabupaten Garut Berbasis Android. Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v6i1.7774

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License