Perancangan Sistem Tumbuh Kembang Balita dengan Metode Forward Chaining

Saghifa Fitriana

Abstract


Abstrak: Pertumbuhan Balita saat ini sedang menjadi salah satu fokus dari pemerintah. Banyaknya jenis penyakit dan virus yang bermunculan saat ini yang menyerang pada balita menjadi penyebab pemerintah menghimbau puskesmas dan posyandu untuk mensosialisasikan kepada para orang tua balita supaya memberikan makanan dengan gizi yang seimbang supaya kesehatan fisik balita dapat meningkat di grafik KMS dan selalu berada pada garis hijau yang menunjukkan batas normal. Posyandu dan puskesmas sebaiknya lebih detail dalam mencatat pertumbuhan balita yang sesuai dengan standar ukuran bayi sehat dari WHO. Pencatatan data tersebut sebaiknya tersimpan dengan rapi dan terstruktur agar dapat dipantau oleh puskesmas maupun posyandu serta data tersebut akan sinkron ketika balita melakukan pemeriksaan di Puskesmas setempat sehingga tidak diperlukan pendaftaran bagi balita yang terdaftar di posyandu setempat. Keakuratan data balita berupa Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Kepala menjadi salah satu hal penting yang sangat dibutuhkan untuk menentukan kesehatan fisik balita tersebut masuk dalam kategori Kurang, Normal atau Berlebih. Sehingga dengan adanya Metode Forward Chaining dapat disimpulkan hasil dari perhitungan jika ketiga kriteria tersebut berada pada garis normal semua maka termasuk dalam balita sehat.


Full Text:

PDF

References


D.B. Kartikeyn, M.N. Desai, D.V. Dahiya. 2015. “Application of Expert System in Medical Fiel.” JOURNAL OF EXPERT SYSTEMS 2(3): 150–52.

Mulyani, A. C. Prof. Dr. Sri. 2016. Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

RI, Kemenkes. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak.

Rosa, A.S, and M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Struktur Dan Berorientasi Objek. Informatik. Bandung.

Supartini, Windah, and Hindarto Hindarto. 2016. “Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Dini Penyakit Tuberkulosis Di Jawa Timur.” Kinetik 1(3): 147.

Susilowaty, and Kuspriyanto. 2016. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Trianto, Joko. 2018. “Penerapan Metode Forward Chaining Untuk Diagnosa Penyakit Diare Pada Anak Usia 3-5 Tahun Berbasis Mobile Android.” Jurnal Informatika Universitas Pamulang 3(2): 98.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v5i2.7155

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License