Sistem Informasi Penentuan Calon PKH Menggunakan Metode SAW (Studi Kasus PPKH Kab.Tasikmalaya)

Dini Silvi Purnia, Lena Lena, Ratningsih Ratningsih

Abstract


Abstrak: PKH merupakan program untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan. Penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan dibidang perlindungan sosial pemerintah Indonesia melaksanakan Program Keluarga Harapan yang bertujuan untuk membangun sistem perlindungan sosial yang memberikan bantuan  tunai kepada rakyat miskin . Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat sistem informasi penentuan calon PKH dengan menggunakan metode Simple Addative guna memperoleh calon anggota yang tepat sesuai dengan kriteria yang telah di tentukan . Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode SAW yaitu metode Sistem Pengambil Keputusan . Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan PKH di PPKH Kabupaten Tasikmalaya belum maksimal. Sistem yang digunakan untuk penentuan calon anggota PKH ini masih manual mulai dari Prosedur Penyiapan Data Awal Validasi calon peserta PKH sampai dengan pembuatan laporan . Adapun dari hasil penenlitian ini adalah terciptanya sebuah rancangan sistem informasi penentuan calon program keluarga harapan dengan menggunakan metode simple addative weighting berbasis website guna mempermudah proses penentuan calon program keluarga harapan seusai dengan kriteria dan tepat sasaran.


Full Text:

PDF

References


A.S, R., & Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur & Berorientasi Objek). 296.

Abdullah. (2014). Observasi Pengumpulan Data. Abdullah, (tahun 2016), 7–25.

Afandi, T. (2017). Membedah Agka Kemiskinan dan Kesenjangan: Rilis Data BPS. Kementrian PPN/Bapenas, (i), 3.

Arifwicaksanaa. (2016). Pengertian Use case.

Fauzan, R., Indrasary, Y., & Muthia, N. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web. Jurnal Online Informatika, 2(2), 79. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.101

Herliana, A., & Rasyid, P. M. (2016). Sistem Informasi Monitoring Pengembangan Software pada Tahap Development Berbasis Web. Jurnal Informatika, 3(1), 41–50.

Hikmat, R. H. (2019). Pedoman Pelaksanaan PKH Tahun 2019. Kemnetrian Sosial Republik Indonesia.

Hutahaean, J. (2014). KONSEP SISTEM INFORMASI (p. 116). p. 116. Yogytakarta: DEEPUBLISH.

Hutapea, L., & Muningsih, E. (2017). Implementasi Informasi Pembayaran Kredit Berbasis Web. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(1), 13.

Iswandy, E., Komputer, D. S. T. M. I., & Padang, S. J. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Dan Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyaluran Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu. Jurnal TEKNOIF, 3(2). https://doi.org/2338-2724

Janah, N. (2016). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BANTUAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) BIDANG PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) STUDY KASUS : (DI DESA TOYORESMI KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI). Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1–10.

Kuswoyo, D. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DENGAN METODOLOGI BERORIENTASI OBYEK (STUDI KASUS : PT. BANGSAWAN CYBERINDO) Deni. String, 2(1), 48–60.

Nevi Kumaya Dewi. (2016). Implementasi Metode Simple Additive Weighting Dalam Penentuan Calon Penerima Program Keluarga Harapan ( Pkh ) Kecamatan Jatikalen. In Artikel Skripsi.

Susanti. (2015). Sistem Informasi Manajemen ( SIM ) Pembelian dan Sistem Informasi Manajemen ( SIM ) Pembelian dan Penjualan pada Apotek Mahkota.

Susliansyah, S., & Handayanna, F. (2018). Aplikasi Monitoring Proses Distribusi Makanan Beku Untuk Informasi Secara Realtime. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 2(1), 66. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v2i1.49

Wati, E. F., & Kusumo, A. A. (2016). Penerapan Metode Unified Modeling Language ( UML ) Berbasis Desktop Pada Sistem Pengolahan Kas Kecil Studi Kasus Pada PT Indo Mada Yasa Tangerang. Jurnal Informatika, 5(1), 24–36.

Yuhefizar. (2019). Pengertian Website Menurut Para Ahli ( Contoh, Jenis, Manfaat ).




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v5i2.7154

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License