Pengaruh Rating Film Terhadap Jumlah Audience Yang Menonton Film

Nissa Almira Mayangky, Desiana Nur Kholifah, Imanuel Balla, Indra Jiwana Thira

Abstract


Abstrak:  Film menjadi salah satu bentuk hiburan yang ditawarkan dan diminati sejumlah audience dengan disajikan melalui adaptasi dari novel, komik, atau serial televisi, serta melalui berbagai macam media. Perkembangan perfilman dari tahun ke tahun semakin berkembang dan mulai diminati. Keinginan penonton dalam mencari, menggunakan dan menilai suatu film telah membuat dunia perfilman saat ini menjadi sorotan utama sineas dalam menyalurkan hobi, minat, bakat, dan usaha mereka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang apakah tingginya rating atau penilaian sebuah film berpengaruh pada banyaknya jumlah penonton. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua penonton film box office tahun 2014-2015. Penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu rating dan views dengan jumlah data sebanyak 696 data. Pengolahan data yang digunakan algoritma regresi linier. Hasil pengolahan data implementasi algoritma regresi linier pada rapidminer menunjukan pengaruh rating film hanya sebesar 0,011. Kecilnya angka rating ini menunjukan bahwa pengaruh yang diberikan rating film terhadap jumlah audience tidak terlalu signifikan atau tidak berpengaruh.


Full Text:

PDF

References


Auliya, Z. F., Rifqi, M., Umam, K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Costumer Reviews ( OTRs ) dan Rating : Kekuatan Baru pada Pemasaran Online di Indonesia Online Costumer Reviews ( OTRs ) dan Rating : New Era in Indonesia Online Marketing. 89–98.

Dwi, A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Film ( Studi Deskriptif Kualitatif Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Film Cek Toko Sebelah

Lestari, I. N. F. (2019). Hubungan Antara Subjective Well-Being Dengan Kepuasan Kerja Karyawan Generasi Milenial Di Pt. Telkom Regional Iv Jateng & Diy.

Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pt. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 01(01), 57–66.

Pangestu, A. S., Jumhur, H. M., & Hum, M. (2018). Pengaruh Rating Imdb Terhadap Keputusan Menonton Film Game Of Thrones Di Kota Bandung Tahun 2018 Impact Of Imdb Rating On The Decision To Watch Game Of Thrones Film In Bandung City In 2018. 5(3), 3253–3258.

Siagian, V., Widayanti, A., Agung, A., & Agung, G. (2018). Aplikasi Estimasi Pengadaan Bahan Berdasarkan Catatan Akuntansi dengan Metode Regresi Linier. 116–119.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v5i2.6963

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License