Sistem Informasi Manajemen Laboratorium Sekolah Berbasis Web Pada SMK Muhammadiyah Kawali

Muhamad Ramdan, Agung Baitul Hikmah, Yanti Apriyani

Abstract


Abstrak: Laboratorium sekolah khususnya sekolah kejuruan merupakan sarana penunjang yang sangat penting bagi keberlangsungan pendidikan. Di laboratorium ini siswa melakukan pembelajaran secara praktik yang secara signifikan membuat siswa menjadi lebih memahami materi. Aktifitas manajemen laboratorium sekolah di SMK Muhammadiyah Kawali adalah segala bentuk pencatatan barang maupun aktifitas yang terjadi di laboratorium. Mengingat pentingnya fungsi laboratorium, maka manajemen laboratorium yang baik merupakan kebutuhan yang mutlak. Hal ini memungkinkan sekolah untuk dapat lebih mudah mendapatkan data real dari keadaan barang dan aktifitas di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi manajemen laboratorium berbasis web, karena dibandingkan dengan basis kertas, aktifitas manajemen laboratorium menggunakan sistem informasi berbasis web dinilai lebih efisien untuk diterapkan, karena dengan web segala bentuk pencatatan bisa dengan mudah dilakukan dan apabila data diperlukan, semua pihak yang memiliki otorisasi bisa dengan mudah mendapatkan data tersebut. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem informasi laboratorium Sekolah ini menggunakan metode waterfall dimana metode ini menggunakan pendekatan alur hidup perangkat lunak yang berurutan dimulai dari tahapan analisa, desain, implementasi, pengetesan dan perawatan. Berdasarkan penelitian ini, dihasilkan kesimpulan bahwa dengan adanya sistem informasi manajemen berbasis web diharapkan bisa menjadikan aktifitas manajemen laboratorium di SMK Muhammadiyah Kawali menjadi lebih baik.

Kata kunci: Sistem Informasi Manajemen, Laboratorium sekolah , Metode Waterfall


Full Text:

PDF

References


B, Indra Yatini, I. Y. (2014) ‘Aplikasi Pengolahan Citra Berbasis Web Menggunakan Javascript dan Jquery’, Tugas Akhir, 3(3), pp. 1–8.

Batlajery, S. (2016) ‘Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke’, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, VII(2), pp. 135–155.

Christian, A., Hesinto, S. and Agustina, A. (2018) ‘Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih )’, Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 7(1), p. 22. doi: 10.32736/sisfokom.v7i1.278.

Hidayat, H., Hartono and Sukiman (2017) ‘Pengembangan Learning Management System (LMS) untuk Bahasa Pemrograman PHP’, Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 5(1), pp. 20–29.

Romney dan Steinbart (2015) ‘Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter’, Teknoinfo, 11(2), pp. 30–37.

Rosid, M. A. and Jakaria, R. B. (2016) ‘Implementasi Framework Twitter Bootstrap Dalam Perancangan Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web’, Kinetik, 1(3), p. 129. doi: 10.22219/kinetik.v1i3.121.

Sasmito, G. W. (2017) ‘Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal’, Jurnal Pengembangan IT, 2(1), pp. 6–12.

Simanjuntak, Pastima & Kasnady, A. (2016) ‘Analisis Model View Controller (Mvc) Pada Bahasa Php’, Jurnal ISD, 2(2), pp. 56–66.

Suharsana, I. K., Wirawan, I. W. W. and S., N. L. A. K. Y. (2016) ‘Implementasi Model View Controller Dengan Framework Codeigniter Pada E-Commerce Penjualan Kerajinan Bali’, 11.

Swara, G. Y. and Pebriadi, Y. (2016) ‘Rekayasa perangkat lunak pemesanan tiket bioskop berbasis web’, Jurnal TEKNOIF, 4(2), pp. 27–39.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v5i2.6961

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License