Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima BSPS Desa Ciawang Menggunakan Metode SMART

Ois Raisa, Herlan Sutisna, Tuti Alawiyah, Mumun Surahman

Abstract


Bantuan Stimulan Perumahan Swadya merupakan rumah-rumah yang dibangun atas prakarsa dan upaya masyarakat, baik secara sendiri atau berkelompok, yang meliputi perbaikan, atau pembangunan rumah baru beserta lingkungan. Dalam proses penyeleksian Bantuan Stimulan Perumahan Swadya petugas desa masih mengalami kesulitan, seperti dalam penentuan penduduk mana yang harus di prioritaskan mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadya, dan belum adanya standar penilaian  yang baik untuk menilai calon pemohon yang akan di ajukan atau di prioritaskan terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Sistem Pendukung Keputusan untuk memilih masyakat miskin mana yang harus diutamakan mendapat bantuan BSPS, Dengan menggunakan metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) sebagai acuan dalam mengambil keputusan penentuan penerima BSPS dengan kriteria yang sudah ditentukan oleh pihak desa. Hasil dari penelitian ini membuat  sistem pendukung keputusan penerimaan BSPS pada Desa Ciawang maka proses penentuan penerima bantuan dapat memudahkan pihak desa dalam menghasilkan keputusan yang lebih efektif dalam mendapatkan penerima yang layak mendapat bantuan BSPS.


Full Text:

PDF

References


Informatika, M., & Terapan, F. I. (2015). Aplikasi Data Kemiskinan Kabupaten Indramayu Berbasis Web Dan Android Mellyantika. 1(1), 482–486.

Khouf, R. H., Informatika, P. S., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2017). Kecamatan Sambirejo Dengan Menggunakan Metode Simple Additive.

Qomaria, A. (2015). Dampak Sosial Ekonomi dan Lingkungan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Kelurahan Meri Kota Mojokerto. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(1), 1–7.

Sanjaya, A., Khairina, D. M., & Maharani, S. (2015). Rekomendasi Pembelian Grosir Pada Toko Mainan Menggunakan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) dengan Google Maps. Prosiding Seminar Sains Dan Teknologi FMIPA Unmul, 1(1).

Syahputra, H., Syahrizal, M., Nasution, S. D., & Purba, B. (2019). SPK Pemilihan Konten Youtube Layak Tonton Untuk Anak-Anak Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment ( ARAS ). 678–685.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v5i2.6956

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License