Pembangunan Sistem Informasi Apotek Dharma Sehat Donorojo

Desi Supriyati - Universitas Surakarta

Abstract


Abstract : Dharma Sehat Pharmacy is one pharmacy that regulate conventional management. Currently Dharma Sehat Pharmacy using conventional information systems such as sales transactions are still done on paper. Bad possibilities that could happen is if the paper is lost before it is inserted into the book report. In addition to the problems faced by an officer takes a long time to monitor the availability of drugs, and the attendant  Difficulty in making the report. This study aims to produce an information system drug sales faster, efficient, effective and efficient at Dhama Sehat Pharmacy. To support this research, methods of data collection by observation, interviews, library research, analysis, system design and system testing continued.

         The results of this study is to facilitate the Dharma Sehat Pharmacy the processing of data, such as drug data, drug sales data, preparation of reports. In addition, to simplify the search process the data, to minimize the errors and optimize data security.

Keyword : Pharmacy Information System Dharma Sehat

 

Abstraksi : Apotek Dharma Sehat merupakan salah satu apotek yang mengatur manajemen secara konvensional. Saat ini Apotek Dharma Sehat menggunakan sistem informasi secara konvensional seperti transaksi penjualan masih dilakukan di atas secarik kertas. Kemungkinan buruk yang bisa terjadi adalah jika kertas tersebut hilang sebelum dimasukkan ke dalam buku laporan. Selain hal tersebut permasalahan yang dihadapi adalah petugas membutuhkan waktu yang lama untuk memantau ketersediaan obat, dan petugas kesulitan dalam pembuatan laporan.

          Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi pengelolaan obat yang lebih cepat, tepat guna, efektif dan efisien pada Apotek Dharma Sehat. Guna menunjang penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan, analisis, perancangan sistem dan dilanjutkan uji coba sistem. Hasil dari penelitian ini adalah mempermudah pihak Apotek dharma sehat  Donorojo dalam proses pengolahan data, seperti data obat, data penjualan obat, pembuatan laporan. Selain itu untuk mempermudah dalam proses pencarian data, dapat meminimalisasi adanya kesalahan dan mengoptimalkan keamanan data.

Kata Kunci            : Sistem Informasi Apotek Dharma Sehat

Keywords : Scholarship , SAW

 

Abstrak – Beasiswa merupakan bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan dengan tujuan untuk membantu keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Seiring dengan banyaknya mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa sedangkan jumlah penerima beasiswa terbatas, maka dilakukanlah proses seleksi dalam pemberian beasiswa, namun selama ini dalam proses seleksi masih bersifat objektif karena penilaian hanya berdasarkan IPK, keaktifan dalam organisasi dan kedekatan dengan dosen atau berdasarkan rekomendasi dari dosen sehingga pemberian beasiswa berprestasi terkadang belum tepat sasaran. Untuk itu diperlukan suatu model penunjang keputusan penentuan penerima beasiswa berprestasi di STMIK Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pemodelan penunjang keputusan penentuan penerima beasiswa berprestasi berbasis Simple Additive Weighting (SAW) di STMIK Banjarbaru. Manfaat dari penelitian ini untuk menjaga agar penilaian tidak bersifat objektif dan berdasarkan pada kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Metode Simple Additive Weighting (SAW) dianggap sesuai untuk seleksi penerimaan beasiswa karena Simple Additive Weighting (SAW) akan melakukan proses perangkingan berdasarkan atribut dengan bobot yang berbeda-beda sehingga hasilnya lebih optimal.

Kata kunci:  Beasiswa, SAW


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v2i1.597



 


Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License