Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Hotel (Studi Kasus: Hotel Java Heritage Purwoketo)

Corie Mei Hellyana - AMIK BSI Tegal

Abstract


Abstrak : Hotel merupakan salah satu fasilitas pelayanan public, dimana dengan keberadaan suatu hotel akan membantu masyarakat dalam mendapatkan satu layanan jasa atau fasilitas.  Biasanya hotel menawarkan jasa pemesanan kamar (penginapan) dan pemesanan makanan, tetapi untuk saat ini banyak hotel yang sudah meningkatkan fasilitas pelayanan terhadap tamu yang menginap, salah satunya adalah jasa laundry. Semakin berkembangnya zaman, maka akan semakin meningkat pula jasa pelayanan tamu hotel. Proses pemesanan kamar yang tadinya masih manual, untuk saat ini sudah bisa secara terkomputerisasi yang dapat meningkatkan kinerja karyawan dan peningkatan pelayanan. Dengan adanya teknologi informasi ini, maka dibuatlah program pemesanan hotel dengan menggunakan visual basic 6.0 dan berbasis UML (Unified Modelling Languange). Diharapkan dengan komputerisasi proses pemesanan kamar hotel, dapat meningkatkan kinerja karyawan dan mengefisiensikan waktu pemesanan serta dengan adanya peningkatan fasilitas hotelyang disediakan dapat meningkatkan pendapatan pada hotel tersebut.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Perancangan, Pemesanan Kamar Hotel, Visual Basic

 

Abstract : Hotel is one of public service facilities, where the existence of a hotel will assist people in getting the services or facilities. Usually hotel offers reservation services (lodging) and ordering the food, but for now many hotels were already improving service facilities to the guests staying, one of which is a laundry service. The continued development of the times, it will also increase the hotel guest services. The process of booking a room that was still manual, to now be computerized to improve employee performance and service improvement. With the technology of this information, the program made reservations using Visual Basic 6.0 and based on UML (Unified Modeling Language). It is expected to computerize the process of booking a hotel room, can improve employee performance and streamline the time of booking as well as by an increase in hotelyang facilities are provided to boost revenues at the hotel.

Keywords : Systems Information, Design, Hotel Room Booking, Visual Basic


Full Text:

PDF

References


Anoname. Sistem Informasi. agungsr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3412/Konsep+SI.%20pdf.

Booch, Grady, James Rumbaugh, Ivar Jacobson. “Pengantar Teknologi Informasi Semarang”. Salemba Infotek, 2005.

Fathansyah, Ir. “ Basis Data”. Bandung: Informatika, 2002.

Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Pendekatan Terstruktur teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Offset. Yogyakarta

Jeffrey L. Whitten, Lonie D. Bentley, Kevin C. DIttman. “Metode Desain & Analisa Sistem Edisi 6”. Yogyakarta: Andi, 2004




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v3i1.2809



 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License